Pengertian belajar

Banyak definisi para ahli tentang belajar, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Skinner (dalam barlow,1985), mengartikan belajar sebagai suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif

2. Hilgard dan bower dalam bukunya theories of learning (1975) mengemukakan bahwa belajar berhubungan dengan tingkah laku seseorang terhadap suatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situasi itu,dimana perubahan tingkah laku itu tidak dapat dijelaskan atau dasar kecendrungan respon pembawaan, kematangan atau keadaan-keadaan sesaat seorang (misalnya kelelahan, pengaruh obat dan sebagainya)

3. M. Sobry sutikno dalam bukunya menuju pendidikan bermutu (2004) mengartikan belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh sesorang untuk memperoleh suatu perubahan yang baru sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. 

4. C.T. morgan dalam introduction to psichology (1962) merumuskan belajar sebagai suatu perubahan yang relatif dalam menetapkan tingkah laku sebagai akibat atau hasil dari pengalaman yang lalu.

5. Thursan Hakim dalam bukunya belajar secara efektif (2002) mengartikan belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap pemahaman, keterampilan, daya pikir dan lainnya.

"orang yang tidak belajar apa-apa itu sama seperti seekor sapi.
ia menjadi semakin gemuk, tetapi tidak tahu apa-apa"(dhammapada).
dari beberapa definisi tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa belajar pada hakikatnya adalah "perubahan positif/peningkatan kepribadian " yang terjadi dalam diri seseorang setelah melakukan aktifitas tertentu.

Komentar