Cara mengatasi Siswa ngobrol di kelas

Seorang guru yang profesional dituntut mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi di dalam kelas. termasuk mengatasi siswa ngobrol di kelas. Permasalahan klasik ini ternyata masih berkembang dan terus menjadi masalah terbesar bagi seorang pendidik. bahkan hampir di tiap makalah pendidikan dan artikel ilmiah "siswa ngobrol" selalu jadi faktor berbagai masalah di kelas.
mengatasi siswa ngobrol di kelas

minimnya pengetahuan guru tentang pengelolaan kelas, strategi mengajar, dan ketidaksiapan perangkat mengajar dll merupakan penyebab terjadinya siswa ngobrol di kelas. berikut ini adalah beberapa cara mengatasi siswa ngobrol di kelas, yaitu:

1. Preparation (persiapan)
Persiapkan segalanya dengan baik. kurikulum pembelajaran, media pembelajaran, bank soal, penampilan pendidik, strategi-strategi mengajar bahkan bila perlu setiap gerak di dalam kelas perlu di persiapkan. mengapa demikian?tak bisa dipungkiri bahwa siswa ngobrol disebabkan oleh ketidaksiapan pendidik dalam mengajar. sehingga skenario pembelajaran tidak dapat teraplikasi dengan baik. jika hal ini menjadi suatu kebiasaan. maka para peserta didik akan menganggap bahwa kelas anda adalah kelas ngobrol. sehingga setiap anda masuk kelas. para siswa akan benar-benar menikmati obrolannya.


2. Tetapkan MOu
diskusikan berbagai aturan tertentu saat tahun ajaran baru dimulai. sehingga siswa anda benar-benar tahu apa yang tak boleh dilanggar. hal ini sangatlah perlu dalam menerapkan kedisiplinan di dalam kelas. anda bisa mendiskusikan tentang waktu, ijin buang air, tugas, PR atau apapun juga dengan siswa anda. tetapkan juga sangsi-sangsi bagi yang melanggar atau reward bagi siswa yang tak pernah melanggar.

3. optimalkan alokasi waktu
mengoptimalkan alokasi waktu untuk tiap sesi/item aktivitas dikelas sangat bermanfaat dalam meminimalisir siswa ngobrol dikelas. contohnya saat anda memberikan sesi latihan. berikan waktu secukupnya. selesai ataupun tidak, siswa diwajibkan mengumpulkan latihan. jika anda tidak memberikan waktu. maka siswa anda akan menggunakan waktunya untuk ngobrol dikelas.

4. beri evaluasi aktifitas (refleksi bagi kegiatan yang telah dilaksakan)
evaluasi berbagai aktivitas yang telah dilakukan beri  pujian atau koreksi khusus bagi beberapa siswa terkait ngobrol di kelas. akan lebih baik jika anda memberikan waktu sejenak untuk sekedar memotivasi atau memberikan saran bagi siswa yang rajin ngobrol dikelas secara persuasif dan berkala. pantau terus peningkatannya.dan beri pujian jika ada peningkatan.

5. orientasikan student centered
orientasi student centered dapat dilakukan dengan memperbanyak aktifitas yang melibatkan siswa. minimalkan penjelasan. perbanyak praktek dan hidupkan suasana diskusi. 

6. sangsi/hukuman
apapun yang terjadi jangan pernah memberi sangsi secara berkelompok. maksimal sangsi dapat diberikan untuk 2 orang. lebih dari itu maka sangsi tidak akan memberi efek apapun. jika lebih dari 2 orang siswa. berikan sangsi hanya untuk yang terpengaruh. sementara yang mempengaruhi biarkan saja. hal ini dilakukan untuk memberi kesadaran bahwa dirinya telah terpengaruh. dan hal tersebut sangatlah merugikan. 

7. beri reward atau pujian
memberikan reward atau pujian secara langsung  di depan kelas bagi siswa yang aktif belajar dan tidak ngobrol. amati dengan baik siswa yang sering ngobrol. jika sehari saja dia melakukan aktivitas yang baik. langsung beri reward atau pujian. biasanya untuk pembelajaran selanjutnya siswa tersebut akan tampil lebih aktif dalam belajar. secara psikologi siswa dengan karakter seperti ini haus akan perhatian dan pujian. sehingga, saat dia mendapatkan apresiasi khusus. dia akan memanfaatkan hal tersebut dengan baik.

8. Mintalah siswa untuk menuliskan kesan-kesannya belajarnya bersama anda.
hal ini penting terus mengkoreksi dan mengevaluasi kinerja anda di kelas. terutama untuk strategi dan model pembelajaran yang siswa sukai. analisa kesan tersebut dan jadikan patokan untuk mengajar di tahun ajaran yang baru. 

itulah beberapa cara mengatasi siswa ngobrol dikelas. saran dan kritik membangun sangatlah penulis harapkan. silahkan sampaikan lewat kolom komentar.

keep smile and have a  nice day 


Komentar