Model Pembelajaran portofolio di adaptasi dari model " we the people........project citizent" yang dikembangkan oleh center civic education (CCE) yang berkedudukan di calabas, Amerika serikat. Sampai saat ini telah diadaptasi oleh sekitar 50 negara termasuk indonesia. Model ini generic-pedagogic, dan materinya dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing negara.
di indonesia model pembelajaran ini dikembangkan pertama kali di jawa barat melalui perintisan di enam SLTP negeri sejak tahun 2000. Dilaksanakan oleh kantor dinas pendidikan provinsi jawa barat bekerja sama dengan center civic education (CCE) dan the united state embassy jakarta.
Pengertian model pembelajaran portofolio
Portofolio berasal dari bahasa inggris "portfolio" yang artinya dokumen atau surat-surat. Portofolio dapat juga diartikan sebagai kumpulan kertas-kertas berharga dari suatu pekerjaan tertentu. pengertian pembelajaran portofolio disini adalah suatu kumpulan pekerjaan siswa dengan maksud tertentu dan terpadu yang diseleksi menurut panduan-panduan yang ditentukan. Panduan-panduan ini bergantung pada mata pelajaran masing-masing dan tujuan utama penilaian tentunya. Penekanan model pembelajaran portofolio adalah pada penguasaan konsep yang didasarkan dari hasil praktek yang di dokumentasikan dalam bentuk pengumpulan aneka berkas.
Isi Portofolio
biasanya portofolio merupakan karya terpilih dari seorang siswa. setiap portofolio harus memuat bahan-bahan yang menggambarkan usaha terbaik siswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan kepadanya. serta mencakup pertimbangan terbaiknya tentang bahan-bahan mana yang paling penting untuk ditampilkan dalam portofolio miliknya.
tampilan portofolio berupa tampilan visual dan audio yang disusun secara sistematis dan melukiskan proses berpikir yang didukung oleh data yang relevan. secara utuh melukiskan "integrated learning experince" atau pengalaman belajar yang terpadu dan dialami oleh siswa sebagai satu kesatuan didalam kelas.
Kesimpulan
pada dasarnya model pembelajaran portofolio merupakan usaha yang dilakukan oleh guru agar siswa memiliki kemampuan untuk mengungkapkan dan mengekpresikan dirinya sebagai individu maupun kelompok. kemampuan tersebut diasah di dalam kelas dalam bentuk pengalaman belajar yang penuh makna.
dari berbagai jenis berkas yang di kumpulkan dalam portofolio, siswa diharapkan dapat menguasai ilmu pengetahuan dari berbagai proses yang mereka dapatkan sendiri. terutama proses eksplorasi, observasi, evaluasi dan elaborasi.
dari berbagai jenis berkas yang di kumpulkan dalam portofolio, siswa diharapkan dapat menguasai ilmu pengetahuan dari berbagai proses yang mereka dapatkan sendiri. terutama proses eksplorasi, observasi, evaluasi dan elaborasi.
Komentar
Posting Komentar