Babe Mochtar lubis

Nguprek-nguprek buku diperpustakaan sekolah. tanpa sengaja menemukan buku yang lumayan kucel and the kumel. selidik punya selidik nieh buku tahun nya tua banget. Penasaran dengan isinya langsung aja ane pelototin tuh buku. dan ternyata nie buku semakin dibaca semakin menarik isinya. 
"Manusia indonesia" karya Mochtar lubis. he.. he...he... setelah tahu nama pengarangnya dalam hati berbisik "oh...wajar saja isinya menarik" Babe Mochtar toh. 
babe mochtar lubis
sumber : www.obor.or.id

Nama Mochtar Lubis bukan cuma tercatat sebagai wartawan paling hebat dalam sejarah pers Indonesia, tetapi juga diakui dunia. Tahun 1967, ia dianugerahi Golden Pen of Freedom Award oleh World Association of Newspapers (Asosiasi Surat Kabar Dunia). Penghargaan internasional ini dimulai pada 1961
bicara tokoh yang satu ini pasti gak ada habisnya. tokoh yang selalu dikenang dengan karakter idealisnya, musuh kekal bung karno, berkepala besi dan mondar-mandir dipenjara karena idealismenya.  Tahun 1958, ia meraih Ramon Magsaysay Award yang sering disebut sebagai "Nobel Prize-nya Asia". Ia pernah memimpin Press Foundation of Asia. Tahun 2000, sebelum kemudian meninggal pada 2004, nama Mochtar Lubis masuk dalam "50 Pahlawan Kebebasan Pers Dunia" oleh International Press Institute.
ane termasuk pengagum beratnya mochtar lubis walaupun mochtar lubis lebih dikenal oleh para sastrawan dan para wartawan. tapi ane yang ruang lingkupnya pendidikan juga suka dengan tokoh yang satu ini. gaya tulisannya itu yang bikin gregetan. blak-blakan, intelek, fakta otentik dan benci dengan feodalisme. yang bikin lebih nge fans lagi adalah nieh babe. bener-bener berani menyuarakan fakta dan anti suap. pernah suatu kali mochtar lubis ditawari berbagai hadiah yang nilainya fantastis tapi di tolak. Mochtar lubis begitu berbeda dengan wartawan tempo kini.
wah....wah..... jadi kangen dengan sosok seperti ini. mudah-mudahan mochtar lubis baru akan muncul untuk mewarnai berbagai kolom yang selalu bikin males baca koran.

Komentar