4 Peran orang tua dalam Pelaksanaan pendidikan


  1. Orang tua sebagai Pengasuh
  2. Meski anak sudah memasuki pendidikan formal di SD, namun fungsi orang tua yang bertanggung jawab dalam mendampingi aspek pisik dan emosi anak-anaknya masih harus diutamakan. Aspek fisik terkait dengan tumbuh kembang anak, dengan memperhatikan asupan gizi seimbang, kebersihan anak, dan kesehatannya. Sementara aspek emosi sosial terkait dengan tumbuh kembangnya nilai-nilai spiritual dan nilai-nilai sosial dalam menjalani kebersamaan dengan teman, guru, dan orang lain. Dengan berkembangan pengetahuan orang tua sebagai pengasuh dengan memperhatikan gizi, kebersihan, kesehatan dan aspek sosial emosi anaknya, maka akan berdampak baik pada perolehan pembelajaran di sekolah.
    peran orang tua


  3. Orang tua sebagai Pekerja
  4. Umumnya peserta didik sekarang berasal dari keluarga yang kedua orang tuanya bekerja. Namun ada pula ibu berada di rumah dan hanya ayah saja yang bekerja.
    Dalam hal ini guru, maupun sekolah mesti pandai merancang mencari alternatif cara melibatkan orang tua dalam pengalaman yang diperoleh anak dalam proses pembelajaran di sekolah. Pihak sekolah juga memberi bantuan pemahaman kepada orang tua yang merasa cemas, dan merasa bersalah jika terjadi sesuatu pada anak-anaknya. Atau menginformasikan kepada orangtua yang sibuk tersebut prinsip-prinsip pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.

  5. Orang tua sebagai Anggota Masyarakat
  6. Orang tua sebagai anggota masyarakat dengan berbagai ciri latar sosial ekonomi kultural mereka, misalnya kelompok orang tua yang muncul dari komunitas petani, komunitas nelayan, komunitas buruh, komunitas intelektual merupakan modal sekolah untuk melaksanakan diversifikasi pendidikan. Sehingga memperluas aspirasi pendidikan masyarakat. Misalnya orang tua murid dari komunitas nelayan tentu selain memperluas wawasan kehidupan mereka sebagai masyarakat pesisir, mereka juga membutuhkan materi pembelajaran yang memberikan nilai tambah terhadap pengetahuan fungsional anak-anak mereka. Pembelajaran kontekstual bisa diperluas dengan pengetahuan di bidang teknologi informasi lain terkait seperti kedirgantaraan, perkebunan, daan sebagainya.

  7. Orang tua sebagai Pendidik
  8. Orang tua adalah pendidik utama dan pendidik pertama bagi anak-anaknya. Mereka bertangung jawab dunia akhirat terhadap nilai-nilai spiritual, nilai sosial, ketrampilan, dan pengetahuan yang diwariskan kepada anak-anaknya. Tegasnya, orang tua pun wajib mengetahui nilai-nilai yang diperoleh anak-anaknya di sekolah terkait dengan nilai-nilai yang diajarkan di rumah tangga mereka. Pengawasan orang tua untuk melakukan kontrol terhadap proses pembelajaran yang diterima di sekolah merupakan cara terbaik dalam memajukan pendidikan yang diperoleh secara bersama-sama. Keterikatan emosi orang tua kepada anaknya akan berlanjut pada keterikatan emosi orang tua kepada sekolah anaknya. Sehingga dengan mudah beban pendidikan secara kognitif/akademik,sosial emosi, dan spiritual akan dihadapi dengan ringan dan mudah.



Komentar