Alur Pembuatan skripsi dari judul hingga ujian skripsi

Pada dasarnya Alur Pembuatan skripsi berbeda-beda tergantung kebijakan masing-masing universitas atau jurusannya. alur pembuatan skripsi juga bergantung pada jenis penelitian yang akan digunakan dalam proses penelitian. alur penelitian kualitatif biasanya lebih panjang dan lebih rumit ketimbang alur penelitian kuantitatif. semakin banyak variabel yang di teliti juga akan membuat penelitian akan semakin panjang. Tetapi walaupun demikian Alur tersebut haruslah sesuai dengan alur dasar penelitian. yaitu pengajuan judul, pembuatan proposal skripsi, seminar proposal, penelitian dan proses akhir yaitu pembuatan bab 4-5 serta ujian skripsi. berdasarkan alur dasar tersebut barulah alur dapat dikembangkan sesuai dengan tipe penelitian.

alur pembuatan skripsi dari judul

dibawah ini adalah alur pembuatan skripsi dari judul hingga ujian akhir skripsi.
1. Observasi masalah
cikal bakal lahirnya judul skripsi berasal dari proses observasi masalah. misal si "A" akan melakukan Penelitian di lapas cipinang. maka terlebih dahulu si "A" harusnya melakukan observasi ke cipinang untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin tentang berbagai masalah yang ada di lapas cipinang. dari berbagai informasi tersebut kemudian si "A" mengidentifikasi berbagai masalah yang didapat untuk kemudian dipilah dan dipilih menjadi judul skripsi. 
hal ini jauh berbeda dengan apa yang terjadi selama ini. kebanyakan judul skripsi biasanya tanpa melalui proses obervasi terlebih dahulu, bahkan ada yang judulnya berasal dari pemberian teman ataupun hasil cari-cari sendiri. inilah sebenarnya yang membuat bingung saat mencari judul skripsi. hehehehe ya jelas bingung lah...gak obervasi ke lapangan tapi menentukan judul skripsi.


2. Pengajuan judul skripsi
setelah menentukan judul penelitian, langkah selanjutnya adalah pengajuan judul skripsi.  pada fase ini sebaiknya judul yang diajukan lebih dari satu judul. dengan begitu sang dosen akan memiliki banyak alternatif pilihan jika judul utama tidak diterima.

3. Pembagian dosen Pembimbing
setelah judul di ACC tinggal menunggu pembagian dosen pembimbing. dosen pembimbing ini bertugas untuk membantu mengawal proses pembuatan proposal hingga ke proses paling akhir. berkomunikasilah dengan baik dan koordinasikan segala hal yang terkait dengan penelitian pada dosen pembimbing anda. dosen pembimbing biasanya akan mengarahkan peneliti untuk tetap pada jalur yang pas. yaa.....namanya juga pembimbing.Tetapi walaupun demikian masih saja ada yang takut untuk bimbingan. wkwkwkwkwkw
4. Proses Pembuatan Proposal skripsi Bab 1-3
kita mulai dari kata "proposal" jelas artinya proposal itu pengajuan. tentu saja pengajuan yang dimaksud adalah untuk pengajuan penelitian. pengajuan tersebut biasanya terdiri dari 3 bab. bab pertama berisi tentang cikal bakal terbentuknya judul, bab ke dua berisi tentang kajian pustaka (teori yang kita gunakan) sedangkan bab 3 berisi tentang metode dan teknik-teknik yang akan digunakan dalam penelitian.

5. Seminar Proposal Bab 1-3
setelah proses proposal selesai dibuat maka selanjutnya proposal atau pengajuan penelitian tersebut akan ditinjau. proses inilah yang disebut seminar proposal, dalam seminar tersebut para peneliti harus menjabarkan dan mempresentasikan secara rinci tentang penelitian yang akan dilakukan. yahhhh secara sederhana sih bisa dibilang "kita menjelaskan tentang pengajuan penelitian yang sudah kita buat".  tentu saja pada proses seminar akan banyak pertanyaan yang mengarah ke kita. jangan kuatir sob....mereka memang tidak tahu. jawab aja sedetil mungkin, karena toh hanya kita yang tahu arah penelitian tersebut.

6. Proses Persiapan Penelitian
Setelah seminar proposal selesai dan perbaikan sudah dilakukan. maka tahap selanjutnya adalah proses persiapan penelitian. nah ini dia nieh yang paling panjang dan paling rumit. mengapa saya bilang paling panjang dan paling rumit, karena memang persiapan yang dilakukan memang banyak. kita harus persiapkan lembar observasi, lembar penilaian, lembar  instrumen penelitian, angket, daftar-daftar pertanyaan untuk wawancara, dan lain sebagai nya. pokoknya banyak deh.......intinya segala hal yang terkait dengan penelitian yang akan dilakukan harus dipersiapkan sebaik mungkin. 
peneliti akan masuk dalam fase yang luar biasa sibuk, ke kampus bolak-balik, bimbingan dengan dosen termasuk juga mempersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan.

7. Proses Penelitian 
 Setelah semuanya siap barulah peneliti melakukan proses penelitian. 

8. Proses Pengolahan data penelitian 
data-data yang diperoleh sebelumnya lantas di olah dan hasilnya akan digunakan dalam penyusunan bab 4-5. 

9. Penyusunan Bab 4-5
bab 4 dan 5 berisi tentang hasil penelitian dan kesimpulan penelitian. hal ini didapatkan dari pengolahan data pada fase sebelumnya.
10. Ujian skripsi
fase ujian sebenarnya sih gak sulit. hanya saja butuh kemampuan argumen yang kuat dan kemampuan komunikasi yang handal.  intinya para penguji akan melihat hasil penelitian yang telah anda lakukan. baik itu secara tertulis maupun secara lisan.

11. Perbaikan/revisi

12. ACC cetak
sampai fase ini anda bisa bernafas lega. tapi jangan senang dulu sob...... penderitaan belum berkahir. anda harus cetak skripsi beberapa eksemplar. terus minta tanda tangan, terus serahin ke kampus, terus urus bebas administrasi, urus bebas perpustakaan, terus daftar wisuda. hehehehehe...... masih panjang ya.....terakhir ya nunggu wisuda.......

semangat ya.............pokoknya harus wisuda.........


Komentar

Posting Komentar