Pendidikan kecakapan hidup

Pendidikan kecakapan hidup mencakup kecakapan pribadi, kecakapan sosial, kecakapan akademik dan kecakapan vokasional. Pendidikan kecakapan merupakan bagian intehral dari semua mata pelajaran atau paket. Pendidikan kecakapan hidup di Sekolah Dasar Negeri 2 Kedamaian lebih menekankan kepada kecakapan non vokasional. 

  1. Kecakapan Pribadi (Personal)
  1. Kecakapan Pribadi dapat dikembangkan dan ditanamkan melalui kegiatan rutinitas antara lain :
  2. Memberi salam dan bersalaman kepada teman, guru dan karyawan ketika tiba di sekolah.
  3. Membaca do’a sebelum dan sesudah belajar.
  4. Membaca Al-Qur’an
  5. Praktik Sholat.
  6. Doa bersama sebelum masuk kelas
  7.  Memelihara tanaman di depan kelasnya. 
  8.  Mengadakan operasi semut, setelah jam istirahat.
  9. Mengadakan pelatihan tari bagi siswa yang berbakat.
  10. Mengadakan pelatihan, pianika dan suling
  11. Praktik keterampilan membuat lampu hias/ tidur, taplak meja, meronce, membuat bunga kertas, membuat boneka dari berbagai bahan bekas. 

  1. Kecakapan Sosial
Untuk membekali dan menumbuhkembangkan kecakapan sosial siswa sekolah mengadakan kegiatan antara lain :
1)    Mengumpulkan dana untuk teman sakit atau teman yang tertimpa musibah.
2)    Menjenguk teman yang sakit.
3)    Mengadakan kerja bakti (Jum’at bersih)
4)    Menghargai pendapat teman dalam berdiskusi di kelas.
5)    Melaksanakan tugas piket kelas.
  1. Kecakapan Akademik
Kecakapan akademik ditanamkan dengan melalui berbagai kegiatan sbb:
1)    Menerapkan pendekatan belajar aktif (PAKEM)
2)    Membina kaderisasi calon lomba keterampilan agama (Loketa)
3)    Mengadakan wajib baca di perpustakaan.
4)    Mengadakan wajib baca senyap (10 menit) sebelum bel masuk sekolah.

Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal Dan Global
Jakarta sebagai Daerah Khusus Ibukota memiliki kekhususan dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia, Jakarta sebagai Ibukota Daerah Provinsi berfungsi sebagai pusat pelayanan masyarakat. Sebagai kota Metyropolitan, Jakarta berfungsi sebagai pusat kegiatan perdagangan, sedangkan sebagai Ibukota negara, Jakarta merupakan pusat pemerintahan Republik Indonesia. Oleh karena itu muatan lokal yang dikembangkan disesuaikan dengan ciri khas daerah yang terdiri dari Pendidikan Lingkungan dan Budaya Lampung (PLBL) dan Bahasa Inggris yang berfungsi sebagai upaya memberi bekal kemampuan dan sikap mental untuk mengelola lingkungan alam  secara bertanggung jawab, melestarikan nilai-nilai dan mengembangkan budaya Jakarta. Oleh karena itu sekolah mengembangkan:

  1. Pendidikan Lingkungan dan Budaya Lampung (PLPB).
Mata Pelajaran ini dimaksudkan untuk mengenal, memahami dan membiasakan berperilaku hidup sehat, disiplin, aman, tertib, akrab, serta menghargai seni dan budaya Jakarta. Mengingat kondisi yang ada di sekolah dan sumber daya manusia yang tersedia, maka kegiatan yang dapat dikembangkan di Sekolah Dasar Negeri 2 Kedamaian antara lain :
a.    Tari Bedana
b.    Musik (memahami dan melestarikan musik Lampung)
c. Pariwisata (mengadakan kunjungan ke obyek wisata di Lampung, untuk melestarikan dan mengenalkan obyek wisata kepada siswa).

  1. Bahasa Inggris
Mengingat saat ini Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang wajib dikembangkan oleh sekolah, maka diadakan pembelajaran Bahasa Inggris dari Kelas III dan Kelas IV, yang bertujuan untuk mengenal, memahami dan terampil berkomunikasi secara sederhana.

Komentar