Pendidikan
kecakapan hidup mencakup kecakapan pribadi, kecakapan sosial, kecakapan
akademik dan kecakapan vokasional. Pendidikan kecakapan merupakan bagian
intehral dari semua mata pelajaran atau paket. Pendidikan kecakapan hidup di
Sekolah Dasar Negeri 2 Kedamaian lebih menekankan kepada kecakapan non
vokasional.
- Kecakapan Pribadi (Personal)
- Kecakapan Pribadi dapat dikembangkan dan ditanamkan melalui kegiatan rutinitas antara lain :
- Memberi salam dan bersalaman kepada teman, guru dan karyawan ketika tiba di sekolah.
- Membaca do’a sebelum dan sesudah belajar.
- Membaca Al-Qur’an
- Praktik Sholat.
- Doa bersama sebelum masuk kelas
- Memelihara tanaman di depan kelasnya.
- Mengadakan operasi semut, setelah jam istirahat.
- Mengadakan pelatihan tari bagi siswa yang berbakat.
- Mengadakan pelatihan, pianika dan suling
- Praktik keterampilan membuat lampu hias/ tidur, taplak meja, meronce, membuat bunga kertas, membuat boneka dari berbagai bahan bekas.
- Kecakapan Sosial
Untuk
membekali dan menumbuhkembangkan kecakapan sosial siswa sekolah mengadakan
kegiatan antara lain :
1)
Mengumpulkan dana untuk teman sakit atau teman yang
tertimpa musibah.
2)
Menjenguk teman yang sakit.
3)
Mengadakan kerja bakti (Jum’at bersih)
4)
Menghargai pendapat teman dalam berdiskusi di kelas.
5)
Melaksanakan tugas piket kelas.
- Kecakapan Akademik
Kecakapan
akademik ditanamkan dengan melalui berbagai kegiatan sbb:
1)
Menerapkan pendekatan belajar aktif (PAKEM)
2)
Membina kaderisasi calon lomba keterampilan agama
(Loketa)
3)
Mengadakan wajib baca di perpustakaan.
4)
Mengadakan wajib baca senyap (10 menit) sebelum bel masuk
sekolah.
Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal Dan Global
Jakarta
sebagai Daerah Khusus Ibukota memiliki kekhususan dibandingkan dengan kota-kota
besar lainnya di Indonesia, Jakarta sebagai Ibukota Daerah Provinsi berfungsi
sebagai pusat pelayanan masyarakat. Sebagai kota Metyropolitan, Jakarta
berfungsi sebagai pusat kegiatan perdagangan, sedangkan sebagai Ibukota negara,
Jakarta merupakan pusat pemerintahan Republik Indonesia. Oleh karena itu muatan
lokal yang dikembangkan disesuaikan dengan ciri khas daerah yang terdiri dari
Pendidikan Lingkungan dan Budaya Lampung (PLBL) dan Bahasa Inggris yang
berfungsi sebagai upaya memberi bekal kemampuan dan sikap mental untuk
mengelola lingkungan alam secara
bertanggung jawab, melestarikan nilai-nilai dan mengembangkan budaya Jakarta.
Oleh karena itu sekolah mengembangkan:
- Pendidikan Lingkungan dan Budaya Lampung (PLPB).
Mata
Pelajaran ini dimaksudkan untuk mengenal, memahami dan membiasakan berperilaku
hidup sehat, disiplin, aman, tertib, akrab, serta menghargai seni dan budaya
Jakarta. Mengingat kondisi yang ada di sekolah dan sumber daya manusia yang
tersedia, maka kegiatan yang dapat dikembangkan di Sekolah Dasar Negeri 2
Kedamaian antara lain :
a.
Tari Bedana
b.
Musik (memahami dan melestarikan musik Lampung)
c. Pariwisata (mengadakan kunjungan ke obyek wisata di
Lampung, untuk melestarikan dan mengenalkan obyek wisata kepada siswa).
- Bahasa Inggris
Mengingat saat ini Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang
wajib dikembangkan oleh sekolah, maka diadakan pembelajaran Bahasa Inggris dari
Kelas III dan Kelas IV, yang bertujuan untuk mengenal, memahami dan terampil
berkomunikasi secara sederhana.
Komentar
Posting Komentar