- Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum Sekolah Dasar meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang
pendidikan selama enam tahun mulai Kelas I sampai dengan Kelas VI. Kurikulum
ini memuat 8 Mata Pelajaran, memuat lokal, dan pengembangan diri. Serta
mengimplementasikan Kurikulum 2013 untuk Kelas I, II, IV DAN V dengan
pendekatan Tematik Terpadu.
Struktur kurikulum SDN 2 Kedamaian memuat kelompok mata
pelajaran sebagai berikut ini:
- Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
- Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan keperibadian
- Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
- Kelompok mata pelajaran estetika
- Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.
- Masing-masing kelompok mata pelajaran tersebut diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran pada setiap mata pelajaran secara menyeluruh. Dengan demikian cakupan dari masing-masing kelompok itu dapat diwujudkan melalui mata pelajaran yang relevan.
Cakupan
Kelompok Mata Pelajaran
1. Agama
dan Akhlak Mulia
Kelompok
mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta
berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai
perwujudan dari pendidikan agama.
2.
Kewarganegaraan dan Keperibadian
Kelompok
mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk meningkatkan
kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak dan kewajibannya dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta meningkatkan kualitas
dirinya sebagai manusia.
Kesadaran
dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara,
penghargaan terhadaphak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelesstarian
lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggungjawab sosial, ketaatan
pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku antikorupsi,
kolusi dan nepotisme.
3. Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi
Kelompok
mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD dimaksudkan untuk
memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan
berfikir ilmiah secara kritis, kreatif, dan mandiri.
4.
Estetika
Kelompok
mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan
mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan
mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi
dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan
mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu
menciptakan kebersamaan yang harmonis.
5.
Jasmani, olahraga dan kesehatan
Kelompok
mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SD dimaksudkan untuk
meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja
sama dan hidup sehat. Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap dan perilaku
hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif
kemasyarakatan seperti keterbatasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan
narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber dan penyakit lain yang potensial
untuk mewabah.
Struktur
Kurikulum Sekolah Dasar adalah sebagai berikut:
Komentar
Posting Komentar