4 Kesalahan terbesar saat membuat judul skripsi


Kali ini penulis akan mencoba share tentang berbagai kesalahan dalam membuat judul skripsi. Hal ini terkait dengan banyaknya pertanyaan serta kebingungan tentang penggarapan skripsi yang masuk pada kolom komentar di blog ini. Yang jika di cermati lebih mendalam, ternyata permasalahannya adalah kesalahan pada judul skripsi.


1. Tidak melakukan pra penelitian
Ini nieh sob, masalah yang paling banyak di temui. Kebanyakan mahasiswa saat menentukan sebuah judul skripsi tidak melakukan pra penelitian terlebih dahulu. Lantas, Apa sih pra penelitian itu?????seberapa penting sih pra penelitian buat skripsi??????
pra penelitian merupakan proses identifikasi permasalahan yang ada di lapangan. Misalnya saya mahasiswa jurusan sospol. Sebelum menentukan judul  skripsi maka saya harus ke lapangan terlebih dahulu untuk mengidentifikasi masalah-masalah apa saja sih yang ada di lapangan. Setelah itu barulah saya buat deh sebuah judul skripsi yang sesuai dengan keadaan lapangan. Nahhhhhh!! itu dia sob, gunanya pra penelitian. Jadi yang namanya judul skripsi itu bukan maen tembak aja sob.....

2. Kurang spesifik
Jika rekan-rekan selalu gagal saat pengajuan judul. Coba di cek kembali judul nya mungkin saja judulnya kurang spesifik. Spesifik yang di maksud adalah varibel penelitian nya itu sob yang harus spesifik. Misal nya saya punya judul : "pengaruh media belajar terhadap prestasi siswa kelas XII pada SMA 2000"
Dari judul tersebut jelas kurang spesifik. Yang namanya media belajar itu banyak sob, ratusan jumlahnya,  gak mungkin kan kalo kita pake semua ke dalam penelitian kita.
Atau judul nya:" pengaruh aplikasi penjualan barang terhadap tingkat laba rugi perusahaan "
Ini juga kurang spesifik, aplikasi penjualan barang itu banyak jenisnya. Masih belum jelas aplikasi apa yang dipakai. Untuk itulah sebuah judul skripsi sebisa mungkin untuk se- spesifik mungkin.

3. Sesuatu yang tidak penting
Ini nieh sob yang lucu...... Tapi tidak sedikit loh yang ternyata buat judul skripsi tapi ternyata gak begitu penting. Misalnya "pengaruh kehadiran dosen terhadap kemampuan mahasiswa" kalo judul begini kan udah jelas tuh .......dosen hadir aja mahasiswa banyak yang eror apalagi kalo dosen gak pernah hadir. Tanpa penelitian pun rasanya sudah jelas toh....ngapain kita capek-capek meneliti.......hehehehehe.
Atau judul yang begini sob : "studi kasus:  modus operandi sindikat pembunuh bayaran pada sarang preman". Ini mah bukan penelitian sob tapi nyerahin nyawa. Hehehehehehehehe.........cewe pula penelitinya ...cocok dah...

4. Kurang UP TO DATE
Salah satu ciri penelitian yang valid adalah faktual. Artinya jelas bahwa fenomena-fenomena yang dikaji merupakan fenomena yang sedang hangat di masyarakat atau sedang menjadi trend di bidang tertentu. Terkadang tanpa terasa judul-judul yang dibuat ternyata sudah tidak up to date atau bahkan sudah usang ditelan zaman. Ini juga merupakan kesalahan yang sering sekali terjadi  pada proses penentuan judul.









Komentar