Untuk membuat iklan bahasa inggris sebenarnya sangatlah mudah, cara nya sama persis dengan iklan berbahasa indonesia. Sebagai salah satu materi pembelajaran bahasa ingris, kemampuan untuk mendapatkan berbagai informasi dari iklan bahasa inggris merupakan salah satu skill yang harus di pelajari. biasanya hal ini sangat erat kaitanya dengan skill reading.
dari sekian banyak soal bahasa inggris, biasanya soal berbentuk iklan bahasa inggris mendominasi berbagai soal tertulis. untuk itulah para guru bahasa inggris biasanya benar-benar memberikan pendalaman materi saat sampai pada materi iklan bahasa inggris.
pada kesempatan kali ini penulis akan share cara cepat membuat iklan dalam bentuk bahasa inggris. tapi sebelumnya kita akan membahas sedikit tentang iklan itu sendiri.
a. Pengertian iklan bahasa inggris
iklan adalah aktivitas memberitahukan atau mempromosikan suatu produk baik itu barang ataupun jasa kepada khalayak ramai. sedangkan iklan berbahasa inggris merupakan aktivitas promosi yang bentuknya berbahasa inggris. sedangkan menurut para ahli pengertian iklan adalah :
Pengertian Iklan
Menurut Courtland L. Bovee : " Iklan adalah komunikasi nonpersonal informasi
biasanya dibayar dan biasanya persuasif di alam tentang produk, jasa atau ide
oleh sponsor diidentifikasi melalui berbagai media." (Bovee, 1992,
hal 7.).
Pengertian Iklan
Menurut : Kotler (2002:658), periklanan
didefinisikan sebagai bentuk penyajian dan
promosi ide, barang atau jasa secara nonpersonal oleh suatu sponsor tertentu
yang memerlukan pembayaran.
Pengertian Iklan
Menurut Rhenald Kasali (1992:21), secara
sederhana iklan didefinisikan sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang
ditujukan oleh suatu masyarakat lewat suatu media.
Pengertian Iklan
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : “berita atau pesan untuk mendorong,
membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.”
b. Aneka jenis iklan
1. iklan persuasif
2. iklan informative
3. iklan reminder
c. Cara membuat iklan bahasa inggris
untuk dapat membuat iklan bahasa inggris yang bagus tentu saja yang dibutuhkan adalah kemampuan bahasa inggris yang bagus pula. sama hal nya seperti iklan biasa, bahasa iklan harus lah menggunakan bahasa yang efektif, efektif yang dimaksud disini adalah bahasa tulisan yang digunakan dalam iklan haruslah jelas dan langsung pada point yang ingin disampaikan tanpa bertele-tele.
iklan juga harus lah menarik bagi pembaca dengan penyampaian informasi yang sejelas-sejelasnya. walaupun hanya berupa gambar, sebuah iklan harus mampu mendeskripsikan gagasan yang ingin disampaikan. biasanya kata pembuka yang digunakan juga merupakan kata yang mendorong publik agar terdorong menggunakan. seperti cobalah, rasakan, terbaru, terbaik dikelasnya dan lain sebagainya. dalam membuat iklan berbahasa inggris cara yang paling mudah adalah dengan melihat berbagai jenis iklan berbahasa inggris kemudian pelajari berbagai kata atau kalimat yang paling sering di gunakan dalam iklan. mengapa demikian????karena bahasa iklan sangatlah berbeda dengan bahasa tulisan pada umumnya. dengan melihat contohnya paling tidak anda sudah punya gambaran jenis kosakata bahasa inggris apa saja yang akan digunakan.
d. Menjawab soal berbentuk iklan berbahasa inggris.
Untuk soal-soal bahasa inggris yang bentuknya iklan atau advertisement langkah pertama yang harus dilakukan adalah membaca soalnya terlebih dahulu. baru kemudian melihat iklannya untuk langsung mencari jawabannya. kesalahan yang banyak terjadi adalah siswa membaca iklannya terlebih dahulu baru kemudian membaca soalnya. hal ini justru akan membuat bingung dan terkadang membuat konsentrasi menjadi buyar.
langkah selanjutnya, fokuslah pada informasi-informasi fital yang disuguhkan oleh iklan. hal ini dikarenakan soal bahasa inggris berbentuk iklan biasanya terkait dengan apa, mengapa, dimana, siapa dan bagaimana. jika dari iklan yang sudah anda baca anda bisa mendapatkan informasi tersebut maka anda sudah pasti bisa menjawab berbagai soal yang diberikan. cara yang paling simple adalah dengan melihat kata pada bagian yang paling depan who, where, when atau how????
jika kata depannya where maka fokuslah pada bagian iklan yang menyebutkan tentang tempat atau lokasi tertentu.....jika kata depannya what maka fokuslah pada produk yang ditawarkan pada iklan tersebut dan begitu seterusnya. trik ini juga sangat membantu bagi yang perbendaharaan kosakatanya terbatas. jika anda masih bingung dengan kosakata atau kalimat iklan, trik lainnya adalah dengan mencoret berbagai pilihan yang tidak sesuai dengan pertnyaan. misalnya pada soal kata depannya where berarti menanyakan lokasi atau tempat. lihat pilihan a,b,c,d nya, jika ada yang tidak sesuai langsung coret saja, misal nya jawaban a adalah 07.30 jawaban a langsung dicoret karena tidak sesuai dengan soal. masa soalnya menanyakan lokasi jawabanya malah 07.30 jelas salah bukan......
e. Contoh aneka jenis iklan bahasa inggris.
Komentar
Posting Komentar