Google+ Followers

Jangan menggunakan Wikipedia sebagai referensi skripsi.

    Dalam proses pembuatan skripsi, terutama kajian-kajian teori yang kita gunakan merupakan hal yang sangat penting. Dalam skripsi bahkan ada satu bab yang khusus membahas tentang teori yang kita pakai. Jika kita bicara teori maka kita juga harus bicara tentang referensi nya. Referensi skripsi bisa kita ambil dari banyak sumber salah satunya adalah internet.

    Tapi ada satu nih sob...yang sering sekali menjadi masalah bagi para mahasiswa tingkat akhir saat mengambil referensi dari internet. Yaitu penggunaan situs wikipedia sebagai referensi sebuah teori.

    jadi saat kita mengutip sebuah teori hendaknya untuk tidak mencantumkan wikipedia sebagai referensi nya. berikut ini adalah alasannya.


  1. Wikipedia bukan referensi primer (not a primary source,)
  2. hal ini karena banyak artikel yang mengandung beberapa kesalahan sehingga tidak bisa dijadikan sumber untuk pengambilan keputusan: “because some articles may contain errors,” you should “not use Wikipedia to make critical decisions.”

  3. Teknologi Wiki
  4. Teknologi wiki yang digunakan Wikipedia memperbolehkan siapapun untuk menambahkan, mengubah, atau menghapus isi artikel hanya dengan modal Internet. Hal ini mungkin tidak salah, namun sayangnya setelah editor terkait melakukan penambahan atau perubahan tersebut, informasi akan dapat dipublikasi tanpa melalui proses review yang mendalam oleh para ahli di bidang terkait. Jadi mereka yang memiliki keahlian menulis dan literatur rata-rata sudah dapat dengan sengaja menciptakan sebuah informasi yang tidak sesuai dengan keadaan.

    Hal ini pernah terjadi pada sebuah informasi palsu terkait biografi karakter fiksional bernama John Seigenthaler Sr. Informasi tersebut ditulis oleh seorang jurnalis pada tahun 2005 dimana ia menuliskan bahwa John adalah orang yang melakukan pembunuhan presiden Amerika John F. Kennedy dan Robert F. Kennedy. Informasi tidak sesuai ini menciptakan banyak kontroversial hingga akhirnya diketahui  4 bulan sesudah artikel itu ditulis.

  5. Keakuratan data yang masih di pertanyakan
  6. Pada tahun 2011 silam, Wikipedia Bahasa Inggris pernah salah menampilkan sebuah artikel tentang Gelora Bung Karno (GBK). Stadion kebanggaan rakyat Indonesia ini ditulis Wikipedia Bahasa Inggris dengan “Gelora Bung .......” bukan “Gelora Bung Karno”. Sontak kala itu muncul kemarahan nan luar biasa dari netizen tanah air. Salah satu founding father bangsa ini dituliskan dengan unsur yang tidak sesuai. Meski diyakini insiden tersebut hanya kesalahan penulisan ( typo ), tetap saja mencoreng nama besar bangsa ini.

  7. Tata bahasa yang rancu dan ambigu
  8. Artikel yang tersedia di Wikipedia sangat aktual dan sangat cepat. Salah satu bukti Wikipedia ialah dari ketersediaan bahasa. Wikipedia telah mendukung lebih dari 250 bahasa. Belum termasuk bahasa lokal nan ada di setiap negara. Sebut saja Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Aceh buat wilayah Indonesia. Meskipun begitu ternyata justru hal tersebutlah yang menjadi kelemahan wikipedia. Jika sobat pernah searching di wikipedia beberapa literatur justru memberikan informasi yang tepat, tetapi menimbulkan makna ganda kadang-kadang rancu atau ambigu. Hal ini di mungkinkan karena artikel yang dialihbahasakan dari bahasa asing ke bahasa lokal oleh teknologi mesin translator otomatis, sama persis saat kita mentranslate kalimat di google translate. Pasti kalimat yang kita translate berubah tidak menentu atau bahkan menjadi kalimat yang bikin bingung.

    Apakah wikipedia sama sekali tidak dapat dijadikan referensi????
    Beberapa bidang seperti yang terkait dengan (nature) alam, sebuah literature menyatakan bahwa wikipedia memiliki keakuratan yang baik. Tetapi secara jelas wikipedia tidak dapat memberikan kepastian secara jelas. Bagi sobat yang memang menggunakan wikipedia, sebaiknya menggunakan wikipedia hanya sebagai sumber penghantar ke artikel atau literature yang sesungguhnya. Seperti contoh dibawah ini


    sumber rujukan tersebut jika kita klik akan mengarah ke situs yang memang secara khusus membahas perihal yang sedang kita cari. 

Comments