Kelemahan dan keunggulan metode diskusi dalam pembelajaran

    Berikut ini adalah Kelemahan dan Keunggulan Metode Diskusi
    Ada beberapa kelemahan metode diskusi antara lain:
  1. Sering terjadi pembicaraan dalam diskusi dikuasai oleh 2 atau 3 orang peserta didik yang memiliki keterampilan berbicara
  2. Kadang-kadang pembahasan dalam diskusi meluas, sehingga kesimpulan menjadi kabur
  3. Memerlukan waktu yang cukup panjang, yang kadang-kadang tidak sesuai dengan yang direncanakan 
  4. Dalam diskusi sering terjadi perbedaan pendapat yang bersifat emosional yang tidak dikontrol akibatnya, kadang-kadang ada pihak yang merasa tersinggung, sehingga dapat mengganggu iklim pembelajaran. 
Disamping memiliki kelemahan metode diskusi juga memiliki keunggulan, antara lain:

  • Mempertinggi peran serta secara perorangan
  • Mempertinggi peran serta kelas secara keseluruhan, dan
  • Memupuk sikap saling menghargai pendapat orang lain.


  • Dalam berdiskusi tidak semua persoalan patut didiskusikan, persoalan yang patut didiskusikan kehendaknya memiliki syarat-syarat sebagai berikut:

  • Menarik perhatian peserta didik
  • Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik
  • Memiliki lebih dan satu kemungkinan pemecahan atau jawaban, bukan kebenaran lunggal, dan
  • Pada umumnya tidak mencari mana jawaban yang benar, melainkan menggunakan pertimbangan dan perbandingan.

  • Teknik diskusi sebagai metode belajar mengajar lebih cocok dan diperlukan apabila kita (guru) hendak:

  • Memanfaatkan berbagai kemampuan yang ada (dimiliki) oleh para peserta didik.
  • Memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk menyalurkan kemampuannya masing-masing.
  • Memperoleh umpan balik dan para peserta didik tentang apakah tujuan yang telah dirumuskan telah dicapai.
  • Membantu para peserta didik belajar berpikir teoritis dan praktik lewat berbagai mata peserta didikan dan kegiatan sekolah.
  • Membantu para peserta didik belajar menilai kemampuan dan peranan diri sendiri maupun teman-temannya (orang lain).
  • Membantu para peserta didik menyadari dan mampu merumuskan berbagai masalah yang dilihat baik dan pengalaman sendiri maupun dalam peserta didikan sekolah.
  • Mengembangkan motivasi untuk belajar lebih lanjut.

  • Oleh karena itu, metode diskusi bukanlah hanya percakapan atau debat biasa, tapi diskusi timbul karena ada masalah yang memerlukan jawaban atau pendapat yang bermacam-macam. Dalam metode diskusi ini peranan guru sangat penting dalam rangka menghidupkan kegairahan murid berdiskusi.

    Komentar