- Prosedur Penelitian
- Deskripsi Awal
Penelitian
ini diawali dengan upaya memperoleh data awal sebelum melaksanakan penelitian
dengan melakukan observasi pada kegiatan pembelajaran biologi yang dilakukan di
kelas VII A SMP Negeri 9 Bandar Lampung. Dari observasi awal dapat
diidentifikasi bahwa dalam proses pembelajaran mata pelajaran biologi masih
banyak kelemahan, sehingga berakibat pada aktivitas dan hasil belajar siswa
yang rendah. Secara rinci kelemahan dalam proses pembelajaran yang berakibat
pada aktivitas dan hasil belajar yang dimaksud yaitu:
- Pembelajaran masih didominasi oleh guru.
- Penggunaan metode tradisional yaitu ceramah dalam pembelajaran membuat siswa kurang tertarik dan merasa bosan.
- Kurangnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran biologi khususnya pada materi Ekosistem.
- Sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam materi ekosistem karena siswa malu untuk bertanya kepada guru tentang masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa tersebut, sehingga kemampuan siswa dalam menyelesaikan latihan-latihan Ekosistem masih rendah
- Siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran, sehingga aktivitas belajar siswa rendah.
Oleh
karena itu diputuskan untuk menerapkan media graphic organizer dalam
mengajarkan biologi pokok bahasan ekosistem pada kelas VII A SMP Negeri 9
Bandar Lampung.
- Refleksi Awal
Dari
temuan observasi awal tersebut, maka perlu dilakukan perbaikan dalam proses
pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif yaitu menggunakan Media graphic
organizer. Dalam hal ini, peneliti berusaha mengoptimalkan Media graphic
organizer dengan langkah-langkah yang sesuai dengan penerapannya.
- Persiapan Pembelajaran
Setelah ditetapkan untuk menerapkan Media graphic organizer dalam
mengajarkan pokok bahasan ekosistem pada siswa kelas VII A Semester II SMP
Negeri 9 Bandar Lampung, maka kegiatan selanjutnya adalah menyiapkan beberapa
hal yang diperlukan saat pelaksanaan tindakan. Setelah
berkonsultasi dengan dosen pembimbing, peneliti melakukan hal-hal sebagai
berikut:
- Membuat Perangkat Pembelajaran untuk tindakan siklus I, Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk dipelajari kelompok, lembar evaluasi, dan kunci jawaban serta sumber belajar.
- Membuat lembar observasi terhadap siswa maupun guru untuk mengamati aktivitas siswa dan kinerja guru selama pembelajaran berlangsung.
- Menyiapkan RPP yang mengacu pada KTSP serta sesuai dengan langkah-langkah pada Media graphic organizer dan materi yang telah ditetapkan yaitu ekosistem.
- Menyiapkan media graphic organizer terkait dengan materi ekosistem
- Hasil Penelitian
- Siklus I
- Pertemuan I
Pelaksanaan tindakan dilakukan oleh peneliti dan teman sejawat yang
sekaligus bertindak sebagai pengamat atau observer. Kegiatan pembelajaran pada
pertemuan pertama dilaksanakan pada hari Selasa 2 April 2013, diawali dengan
guru memasuki kelas dan memberi salam serta mengkondisikan kelas yang
dilanjutkan dengan mengabsen siswa. Guru memberikan
motivasi kepada siswa untuk memahami materi yang di pelajari. Siswa diberikan
beberapa pertanyaan yang bertujuan agar siswa siap menerima pelajaran, siap
memperhatikan, dan siap belajar. Siswa diberikan tes pengetahuan awal (pre tes) yang terdiri dari 5 soal yang
diberikan sebagai skor dasar. Pada pertemuan pertama peneliti memberikan penjelasan tentang ekosistem menggunakan media graphic
organizer. Kemudian peneliti melakukan pemilihan dan pembagian kelompok. Maka terbagilah 5 kelompok yang masing-masing kelompok mempunyai seorang juru bicara. Setiap kelompok terdiri dari 6 dan 7 anggota. Juru
bicara yang dipilih adalah siswa yang memiliki
kemampuan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan
materi ekosistem kategori tinggi. Kelompok yang dibagi merupakan kelompok yang heterogen ditinjau
dari pemahaman siswa terhadap ekosistem yakni kategori rendah, sedang dan kategori tinggi. Pada saat
pembentukan kelompok ini ruangan terlihat gaduh karena masih ada beberapa orang
siswa yang belum mengetahui kelompoknya. Setelah guru mengulangi membacakan
kelompoknya barulah siswa duduk dengan tenang.
Selanjutnya guru selama
10 menit membahas materi bersama siswa tentang ekosistem. Guru menjelaskan tentang perbedaan antara
individu, komunitas dan populasi serta ekosistem. Kegiatan ini di lakukan
dengan metode presentasi dan diskusi. Siswa tampak serius mengikuti pelajaran
walaupun sebagian siswa ada yang bercanda dengan temannya tetapi tidak sampai
mengganggu situasi belajar di kelas. Selanjutnya guru
memberikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan
materi yang baru saja dijelaskan. Contohnya adalah: apa perbedaan individu, komunitas dan populasi?
Setiap kelompok diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum
jelas, tetapi pada pertemuan pertama tidak ada siswa yang mengajukan
pertanyaan. Setelah itu guru memberikan bimbingan kepada seluruh kelompok
tentang media graphic organizer serta cara menggunakannya sebagai media
belajar. Pelaksanaan bimbingan ini berlangsung sekitar
10 menit. Kemudian selama 15 menit setiap kelompok membuat
graphic organizer dengan tema yang telah ditentukan. Tema tersebut diambil dari sub judul atau kategori materi ekosistem.
Dalam proses pembuatan graphic organizer, beberapa anggota kelompok terlihat
kurang kompak. Hal ini terlihat jelas pada kelompok II,
sehingga ada diantara anggota kelompoknya yang tidak suka
dengan hasil graphic organizer buatan kelompoknya sendiri. Selanjutnya siswa
mulai mengerjakan LKS dengan bantuan
media graphic organizer yang telah dibuat, kemudian guru memanggil juru
bicara dari tiap kelompok untuk mempresentasikan
jawaban kelompoknya beserta media graphic organizer di depan kelas. Pada tahap ini hanya juru bicara dari kelompok I, III, IV yang tampil di depan kelas, setelah juru bicara dari kelompok III selesai mempresentasikan jawaban kelompoknya, ada
seorang siswa yang menanggapi jawaban temannya tersebut dengan memberikan ide
bahwa jawabannya ada sedikit
kekeliruan maka dengan spontan siswa tersebut memperbaiki jawabannya.
Guru mengajak siswa merangkum materi yang telah dibahas. Guru
menyempurnakan dan meluruskan jawaban siswa. Seluruh siswa memperhatikan dan
banyak diantaranya sambil menulis yaitu menyalin jawaban ke dalam buku
catatannya. Guru mengakhiri pembelajaran dengan
memberitahukan siswa tentang jadwal pertemuan berikutnya yang akan diisi dengan
evaluasi. Selama proses pembelajaran berlangsung
peneliti mengobservasi jalannya pembelajaran dengan menggunakan lembar
observasi untuk guru dan siswa.
- Pertemuan II
Pada pertemuan kedua yang dilaksanakan pada
hari Kamis, 4 April 2013, kegiatan pendahuluan
terlaksana sesuai dengan skenario pembelajaran yang dipersiapkan. Pengetahuan
siswa mengenai ekosistem sudah
cukup baik, ditunjukkan dengan keaktifan siswa dalam mengerjakan
LKS pada pertemuan sebelumnya. Setelah menyampaikan
materi dan tujuan pembelajaran,
guru memotivasi siswa agar senantiasa giat dalam berlatih mengerjakan soal dan yang terpenting adalah pemahaman konsep.
Selanjutnya pada pertemuan kedua ini, kegiatan pembelajaran dengan media graphic organizer kembali dilaksanakan.
Semua siswa berada dalam kelompoknya masing-masing sebagaimana pembagian
kelompok pada pertemuan I. Dalam proses pembelajaran guru memberikan penjelasan lanjutan kepada siswa tentang biotik dan abiotik. Kegiatan ini berlangsung
selama 10 menit.
Selanjutnya guru memberikan waktu yang cukup kepada siswa untuk
bertanya. Ada 3 orang siswa yang mengacungkan tangan yang masing-masing berasal
dari kelompok yang berbeda. Selanjutnya guru memberikan contoh model graphic organizer yang berhubungan dengan materi yang baru
disampaikan serta memberikan tips agar siswa dapat dengan mudah memahami materi
tersebut menggunakan graphic organizer. Guru memberikan waktu selama 15 menit kepada setiap kelompok untuk membuat model graphic organizer dari
materi yang telah dipelajari dengan model-model graphic organizer yang beraneka
ragam. suasana kelas agak sedikit gaduh namun tetap
pada situasi belajar yang kondusif. Selanjutnya, siswa
mengerjakan soal evaluasi secara individu yang terdiri dari 10 soal pilihan
ganda .
- Hasil Observasi Pada Siklus I
- Aktivitas Belajar Siswa
- Siklus I Pertemuan I
Hal-hal yang diobservasi selama proses pembelajaran berlangsung
meliputi perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan, kerjasama siswa dalam
kelompok, keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan atau mengeluarkan
pendapat, bagaimana guru memberikan panduan tentang
graphic organizer, bagaimana guru membagi kelompok yang sesuai dengan Media graphic organizer serta bagaimana guru
dalam menyampaikan pembelajaran yang sesuai dengan Media
graphic organizer.
Hasil observasi kepada siswa menunjukkan hal-hal sebagai berikut:
- Pada pertemuan pertama, siswa masih asing dengan media yang diterapkan mengenai Media graphic organizer merupakan hal baru bagi mereka.
- Dalam kerja kelompok terlihat banyak siswa yang ribut dan tidak berada di kelompoknya.
- Siswa belum berani mengajukan pertanyaan atau mengeluarkan pendapatnya.
- Masih ada kelompok yang kurang kompak.
- Juru bicara belum dapat mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan jelas.
- kelompok kurang memiliki kreativitas dalam membuat media graphic organizer.
Komentar
Posting Komentar