Contoh Skripsi bab IV prosedure penelitian


  1. Prosedur Penelitian
  1. Deskripsi Awal
Penelitian ini diawali dengan upaya memperoleh data awal sebelum melaksanakan penelitian dengan melakukan observasi pada kegiatan pembelajaran biologi yang dilakukan di kelas VII A SMP Negeri 9 Bandar Lampung. Dari observasi awal dapat diidentifikasi bahwa dalam proses pembelajaran mata pelajaran biologi masih banyak kelemahan, sehingga berakibat pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang rendah. Secara rinci kelemahan dalam proses pembelajaran yang berakibat pada aktivitas dan hasil belajar yang dimaksud yaitu:
  1. Pembelajaran masih didominasi oleh guru.
  2. Penggunaan metode tradisional yaitu ceramah dalam pembelajaran membuat siswa kurang tertarik dan merasa bosan.
  3. Kurangnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran biologi khususnya pada materi Ekosistem.
  4. Sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam materi ekosistem karena siswa malu untuk bertanya kepada guru tentang masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa tersebut, sehingga kemampuan siswa dalam menyelesaikan latihan-latihan Ekosistem masih rendah
  5. Siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran, sehingga aktivitas belajar siswa rendah.
Oleh karena itu diputuskan untuk menerapkan media graphic organizer dalam mengajarkan biologi pokok bahasan ekosistem pada kelas VII A SMP Negeri 9 Bandar Lampung.

  1. Refleksi Awal
Dari temuan observasi awal tersebut, maka perlu dilakukan perbaikan dalam proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif yaitu menggunakan Media graphic organizer. Dalam hal ini, peneliti berusaha mengoptimalkan Media graphic organizer dengan langkah-langkah yang sesuai dengan penerapannya.

  1. Persiapan Pembelajaran
Setelah ditetapkan untuk menerapkan Media graphic organizer dalam mengajarkan pokok bahasan ekosistem pada siswa kelas VII A Semester II SMP Negeri 9 Bandar Lampung, maka kegiatan selanjutnya adalah menyiapkan beberapa hal yang diperlukan saat pelaksanaan tindakan. Setelah berkonsultasi dengan dosen pembimbing, peneliti melakukan hal-hal sebagai berikut:
  1. Membuat Perangkat Pembelajaran untuk tindakan siklus I, Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk dipelajari kelompok, lembar evaluasi, dan kunci jawaban serta sumber belajar.
  2. Membuat lembar observasi terhadap siswa maupun guru untuk mengamati aktivitas siswa dan kinerja guru selama pembelajaran berlangsung.
  3. Menyiapkan RPP yang mengacu pada KTSP serta sesuai dengan langkah-langkah pada Media graphic organizer dan materi yang telah ditetapkan yaitu ekosistem.
  4. Menyiapkan media graphic organizer terkait dengan materi ekosistem

  1. Hasil Penelitian
    1. Siklus I
  1. Pertemuan I
Pelaksanaan tindakan dilakukan oleh peneliti dan teman sejawat yang sekaligus bertindak sebagai pengamat atau observer. Kegiatan pembelajaran pada pertemuan pertama dilaksanakan pada hari Selasa 2 April 2013, diawali dengan guru memasuki kelas dan memberi salam serta mengkondisikan kelas yang dilanjutkan dengan mengabsen siswa. Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memahami materi yang di pelajari. Siswa diberikan beberapa pertanyaan yang bertujuan agar siswa siap menerima pelajaran, siap memperhatikan, dan siap belajar. Siswa diberikan tes pengetahuan awal (pre tes) yang terdiri dari 5 soal yang diberikan sebagai skor dasar. Pada pertemuan pertama peneliti memberikan penjelasan tentang ekosistem menggunakan media graphic organizer. Kemudian peneliti melakukan pemilihan dan pembagian kelompok. Maka terbagilah 5 kelompok yang masing-masing kelompok mempunyai seorang juru bicara. Setiap kelompok terdiri dari 6 dan 7 anggota. Juru bicara yang dipilih adalah siswa yang memiliki kemampuan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi ekosistem kategori tinggi. Kelompok yang dibagi merupakan kelompok yang heterogen ditinjau dari pemahaman siswa terhadap ekosistem yakni kategori rendah, sedang dan kategori tinggi. Pada saat pembentukan kelompok ini ruangan terlihat gaduh karena masih ada beberapa orang siswa yang belum mengetahui kelompoknya. Setelah guru mengulangi membacakan kelompoknya barulah siswa duduk dengan tenang.

Selanjutnya guru selama 10 menit membahas materi bersama siswa tentang ekosistem. Guru menjelaskan tentang perbedaan antara individu, komunitas dan populasi serta ekosistem. Kegiatan ini di lakukan dengan metode presentasi dan diskusi. Siswa tampak serius mengikuti pelajaran walaupun sebagian siswa ada yang bercanda dengan temannya tetapi tidak sampai mengganggu situasi belajar di kelas. Selanjutnya guru memberikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang baru saja dijelaskan. Contohnya adalah: apa perbedaan individu, komunitas dan populasi?

Setiap kelompok diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas, tetapi pada pertemuan pertama tidak ada siswa yang mengajukan pertanyaan. Setelah itu guru memberikan bimbingan kepada seluruh kelompok tentang media graphic organizer serta cara menggunakannya sebagai media belajar. Pelaksanaan bimbingan ini berlangsung sekitar 10 menit. Kemudian selama 15 menit setiap kelompok membuat graphic organizer dengan tema yang telah ditentukan. Tema tersebut diambil dari sub judul atau kategori materi ekosistem. Dalam proses pembuatan graphic organizer, beberapa anggota kelompok terlihat kurang kompak. Hal ini terlihat jelas pada kelompok II, sehingga ada diantara anggota kelompoknya yang tidak suka dengan hasil graphic organizer buatan kelompoknya sendiri. Selanjutnya siswa mulai mengerjakan LKS dengan bantuan media graphic organizer yang telah dibuat, kemudian guru memanggil juru bicara dari tiap kelompok untuk mempresentasikan jawaban kelompoknya beserta media graphic organizer di depan kelas. Pada tahap ini hanya juru bicara dari kelompok I, III, IV yang tampil di depan kelas, setelah juru bicara dari kelompok III selesai mempresentasikan jawaban kelompoknya, ada seorang siswa yang menanggapi jawaban temannya tersebut dengan memberikan ide bahwa jawabannya ada sedikit kekeliruan maka dengan spontan siswa tersebut memperbaiki jawabannya. 
contoh skripsi bab iv prosedur penelitian

Guru mengajak siswa merangkum materi yang telah dibahas. Guru menyempurnakan dan meluruskan jawaban siswa. Seluruh siswa memperhatikan dan banyak diantaranya sambil menulis yaitu menyalin jawaban ke dalam buku catatannya. Guru mengakhiri pembelajaran dengan memberitahukan siswa tentang jadwal pertemuan berikutnya yang akan diisi dengan evaluasi. Selama proses pembelajaran berlangsung peneliti mengobservasi jalannya pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi untuk guru dan siswa.

  1. Pertemuan II
Pada pertemuan kedua yang dilaksanakan pada hari Kamis, 4 April 2013, kegiatan pendahuluan terlaksana sesuai dengan skenario pembelajaran yang dipersiapkan. Pengetahuan siswa mengenai ekosistem sudah cukup baik, ditunjukkan dengan keaktifan siswa dalam mengerjakan LKS pada pertemuan sebelumnya. Setelah menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran, guru memotivasi siswa agar senantiasa giat dalam berlatih mengerjakan soal dan yang terpenting adalah pemahaman konsep.

Selanjutnya pada pertemuan kedua ini, kegiatan pembelajaran dengan media graphic organizer kembali dilaksanakan. Semua siswa berada dalam kelompoknya masing-masing sebagaimana pembagian kelompok pada pertemuan I. Dalam proses pembelajaran guru memberikan penjelasan lanjutan kepada siswa tentang biotik dan abiotik. Kegiatan ini berlangsung selama 10 menit.

Selanjutnya guru memberikan waktu yang cukup kepada siswa untuk bertanya. Ada 3 orang siswa yang mengacungkan tangan yang masing-masing berasal dari kelompok yang berbeda. Selanjutnya guru memberikan contoh model graphic organizer yang berhubungan dengan materi yang baru disampaikan serta memberikan tips agar siswa dapat dengan mudah memahami materi tersebut menggunakan graphic organizer. Guru memberikan waktu selama 15 menit kepada setiap kelompok untuk membuat model graphic organizer dari materi yang telah dipelajari dengan model-model graphic organizer yang beraneka ragam. suasana kelas agak sedikit gaduh namun tetap pada situasi belajar yang kondusif. Selanjutnya, siswa mengerjakan soal evaluasi secara individu yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda .


  1. Hasil Observasi Pada Siklus I
  1. Aktivitas Belajar Siswa
    1. Siklus I Pertemuan I
Hal-hal yang diobservasi selama proses pembelajaran berlangsung meliputi perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan, kerjasama siswa dalam kelompok, keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan atau mengeluarkan pendapat, bagaimana guru memberikan panduan tentang graphic organizer, bagaimana guru membagi kelompok yang sesuai dengan Media graphic organizer serta bagaimana guru dalam menyampaikan pembelajaran yang sesuai dengan Media graphic organizer.

Hasil observasi kepada siswa menunjukkan hal-hal sebagai berikut:
  1. Pada pertemuan pertama, siswa masih asing dengan media yang diterapkan mengenai Media graphic organizer merupakan hal baru bagi mereka.
  2. Dalam kerja kelompok terlihat banyak siswa yang ribut dan tidak berada di kelompoknya.
  3. Siswa belum berani mengajukan pertanyaan atau mengeluarkan pendapatnya.
  4. Masih ada kelompok yang kurang kompak.
  5. Juru bicara belum dapat mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan jelas.
  6. kelompok kurang memiliki kreativitas dalam membuat media graphic organizer.

Komentar