Program kerja marketing adalah serangkaian program yang disusun secara personal maupun berkelompok untuk mencapai target pemasaran tertentu. Dengan menyusun program kerja marketing berarti sang pelaku telah mempersiapkan segala hal yang terkait dengan teknik, metode dan strategi yang akan digunakan untuk mencapai target.
Pengertian marketing
Dalam dunia bisnis atau pun usaha marketing merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan. Arti marketing dapat didefinisikan sebagai upaya baik itu lisan maupun tertulis untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa. Dewasa kini bahkan definisi marketing tak hanya dimaknai sebagai perkenalan produk tapi lebih sebagai upaya yang berkesinambungan untuk meraih target pasar sebesar-besarnya. Bagi beberapa perusahaan tertentu ada yang memandang marketing sebagai tidak hanya media promosi produk tetapi lebih sebagai upaya penjualan. Sehingga orang-orang yang terlibat didalam nya dituntut untuk mampu menghasilkan penjualan.
Tujuan membuat program kerja Marketing
Tujuan marketing nomor satu tentu saja "penjualan", dan untuk mencapai hal tersebut tentu dibutuhkan serangkaian teknik, metode, dan strategi yang diracik dalam satu paket misi. secara sederhana, kumpulan misi itulah yang kita sebut sebagai program kerja marketing. Sedangkan tujuannya adalah agar satu misi dengan misi lainnya tidak saling bertabrakan dan terencana dengan baik. berkas-berkas program kerja ini dapat pula kita gunakan sebagai rujukan dalam menganalisa pencapaian target dan menganalisa program-program unggulan yang kelak akan kita gunakan di kemudian hari.
Seberapa penting program kerja marketing
Jika kita bicara soal hasil yang "optimal" tentu saja semua bagian adalah sesuatu yang penting, bahkan bagian terkecil dari perusahaan pun sangat lah penting. Terlebih lagi dengan program kerja marketing, dengan membuat program kerja diharapkan usaha maupun biaya yang dikeluarkan tidaklah sia-sia, memiliki arah yang jelas, dan terencana dengan baik. hal ini terkait dengan kelangsungan hidup sebuah badan usaha ke depannya.
Ruang lingkup program kerja marketing
ruang lingkup pembuatan program kerja marketing meliputi segmentasi pasar, fokus sasaran pasar dan perkiraan pasar, waktu dan biaya. Biasanya program ini harus bisa menjawab :
•
Siapakah yang menjadi target pemasaran ?
•
Dimanakah mereka?
• Apa
yang mereka perlukan?
•
Bagaimana cara mereka mengambil keputusan untuk melakukan pembelian?
• Di
mana mereka membelinya?
•
Bagaimana cara anda menyampaikan pesan pemasaran dan penjualan anda?
Komentar
Posting Komentar