Aneka gaya dan karakter Murai Batu saat tampil di arena


Sekedar sharing tentang kemungkinan yang bisa terjadi pada saat Murai Batu yang kita pelihara mau kita turunkan pada sebuah lomba untuk pertama kalinya. Kita asumsikan saja Murai Batu yang ada di rumah (Murai Batu peliharaan kita) sudah dalam kondisi gacor dan siap lomba dengan settingan EF yang sudah kita anggap ideal. Kemudian kita ingin mengetahui, seperti apa kondisi Murai Batu ini jika dilombakan.
Maka, kemungkinan yang akan kita jumpai adalah sebagai berikut:

aneka gaya murai batu


1. Si Murai Batu terdiam dan hanya loncat-loncat saja, sambil sesekali makan atau minum:
Artinya, si Murai Batu belum siap dibawa ke lapangan dan kemungkinan masih belum bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi lapangan.(Demam Panggung)
Ini adalah hal wajar yang umum dijumpai pada Murai Batu muda dan 1/2 jadi yang cenderung belum mapan secara mental.
Jadi, jangan langsung berkesimpulan si Murai Batu dianggap tidak layak.

2. Si Murai Batu terkesan ganas dan mengejar musuh dengan cara menabrak sangkar dan sesekali berdiri tegak di tangkringan sambil memainkan ekor dan hanya sesekali berkicau :
Artinya, Murai Batu ini bertifikal fighter sejati. Sifat fighternya yang terialu tinggi mungkin bisa sedikit diredam dengan menurunkan porsi EF dan memandikan si Murai Batu sebelum dibawa ke lapangan.
Ada yang beranggapan Murai Batu seperti ini kurang bagus untuk dibawa ke lapangan. Jelas, ini anggapan keliru, sebab Murai Batu seperti inilah yang dikatakan sebagai Murai Batu tempur sejati. Hanya dibutuhkan kesabaran dalam membuat settingan agar Murai Batu ini bisa menunjukkan performa terbaiknya di lapangan.

3. Si Murai Batu terlihat membuka sayap dengan lebar, lalu turun ke dasar sangkar dan tidak berkicau sedikitpun :
Artinya, si MB tidak dalam kondisi prima untuk di bawa ke lapangan. Bisa jadi fisik dan mental nya belum siap untuk dilombakan.

4. Si Murai Batu awalnya diam selang beberapa menit kemudian baru menunjukan sifat fighternya dan setelah itu baru mau berkicau :
Artinya, si MB termasuk jenis MB yang lambat panas.
Solusi untuk MB seperti ini adalah dengan sedikit menaikkan porsi EF dan kondisikan full krodong beberapa hari sebelum di bawa ke lomba.

5. Si Murai Batu terlihat tegak dengan gaya fighternya, tapi hanya berkicau dengan suara kecil sambil menundukkan kepalanya (seperti sujud) kemudian tegak lagi dan kembali sujud secara perlahan :
Artinya, si Murai Batu sedang bergaya merayu. Murai Batu seperti ini biasanya mengeluarkan gaya tersebut karena 2 faktor penyebab. Pertama karena si Murai Batu sedang dalam kondisi birahi dan kedua, adalah karakter gaya dari si Murai Batu itu sendiri.

6. Si Murai Batu berkicau dengan suara yang diulang-ulang :
Artinya, si Murai Batu belum dalam kondisi siap lomba (kurang masteran) atau bisa saja si Murai Batu tidak memiliki stamina yang cukup untuk lomba.

7. Si Murai Batu terkesan diam membisu dan mematung.(tidak bergerak pada saat diganggu :
Artinya, si Murai Batu secara mental sudah drop. Akan dibutuhkan waktu yang relatif panjang untuk membuat si Murai Batu ke kondisi semula.
Hal ini sering terjadi jika si MB berhadapan langsung dengan Murai Batu lain yang bertipikal nge press...lawan nya.

dibawah ini adalah video salah satu murai batu yang gaya nya menurut saya pribadi unik. Jika biasanya murai batu cenderung melentikan ekor panjang nya, tetapi kali ini berbeda sob. Murai yang satu ini membuka ekor nya identik sekali seperti gaya buka ekornya kacer ketika di arena.




semoga bermanfaat ya.

Komentar