Cara Menentukan topik skripsi yang tepat

Untuk menentukan topik skripsi tentu tidak mudah sob....ada banyak pertimbangan agar topik yang kita pilih benar-benar sesuai dengan harapan kita. Terutama jika kita bicara tentang wisuda......tentu dalam hal ini, topik skripsi harus bisa menghantarkan kita lebih cepat ke jenjang wisuda. Sebelum kita menentukan topik skripsi hendaknya sobat pertimbangkan beberapa faktor dibawah ini :

1. Rentang waktu
Sobat harus benar-benar bisa menghitung rentang waktu yang sobat miliki untuk proses penggarapan skripsi. Rentang waktu tersebut lah yang kita ukur atau kita sesuaikan dengan topik yang kita pilih. point terpenting yang harus di ingat adalah jangan sampai topik yang kita pilih melebihi batas waktu yang kita punya. Karena semakin lama waktu yang dibutuhkan tentu akan semakin lama juga sobat wisuda.

2. Tingkat kesulitan
Sesuaikan tingkat kesulitan topik yang sobat pilih dengan kemampuan sobat. Kadangkala rekan-rekan mahasiswa sama sekali tidak memikirkan tingkat kesulitan topik, hanya fokus ke nilai tinggi, pada akhirnya ini justru akan menjadi batu sandungan tersendiri bagi sobat. 

3.Bakat dan Minat
Apapun bentuknya, sesuatu yang kita sukai secara alamiah akan kita kita kejar. Begitu pula dengan skripsi, topik-topik skripsi yang benar-bear sobat suka pasti akan mendorong sobat bekerja ekstra keras untuk menyelesaikannya. Dan sebaliknya, jika topik skripsi yang sobat pilih tidak sesuai dengan bakat dan minat, ya.....secara otomatis sobat juga malas untuk mengerjakannya.

4. Planning and action
Planning saja tidak cukup sob.......sebagus apapun topik yang sobat pilih tetapi jika tidak ada action nya, ya.......percuma sob. jadi jelas dalam hal ini antara planning and action harus benar-benar bisa sejalan. Kesalahan yang paling sering penulis temui, setelah topik di tentukan ya....hanya sebatas topik saja. Tetapi follow up nya nihil.

Cara menentukan topik skripsi yang tepat
1. Tuliskan beberapa topik skripsi dari bidang jurusan masing-masing. Hal ini kita lakukan agar kita bisa mempertimbangkan topik mana yang paling tepat dan sesuai dengan bakat minat sobat. Jika sobat hanya punya satu pilihan ya....so pasti sulit sob....terlebih lagi bila topik yang sobat pilih di luar batas kemampuan sobat.....wah tambah sulit lagi tuh.....

2. Setelah sobat menentukan beberapa pilihan topik, coba lah untuk menganalisa kembali, kira-kira topik apa yang sesuai dengan pertimbangan diatas. terutama rentang waktu pengerjaan, biaya, bakat serta minat sobat. 

3. Dari topik yang sudah sobat pilih, cobalah untuk mengumpulkan referensi sebanyak mungkin terkait dengan topik skripsi yang sobat pilih. Jangan sampai sobat justru kebingungan lantaran teori atau referensi nya sulit untuk di dapat.

4. Jika sobat sudah sreggg dengan topik tersebut dan referensi nya sudah cukup, cobalah untuk berkonsultasi dengan dosen sobat. Hal ini kita lakukan untuk mempertegas atau memastikan bahwa topik skripsi yang kita pilih sesuai dengan karakter kita. 

5. Action
Mulailah bergerak 


semoga bermanfaat ya

Komentar