Tips Mencari Pasangan Pleci agar tampil maksimal

Ada banyak cara faktor dalam proses pembentukan karakter pleci juara. Seperti pola rawatan, sistem umbaran, pola makan, ataupun porsi latihan. dan salah satu nya yang cukup lazim digunakan oleh para pleman adalah penerapan pleci untulan atau pleci pasangan untuk mendongkrak performa pleci di arena lomba. Meskipun tidak semua pleci memiliki karakter seperti ini, tetapi ketika diterapkan, hampir sebagian pleci terbukti mampu tampil dengan maksimal dengan metode untulan/pasangan.

untulan pleci


Berdasarkan hal tersebut tentu  permasalahan selanjutnya adalah bagaimana mencari pasangan yang pas bagi pleci kesayangan kita agar hasil yang kita peroleh maksimal. 

Metode ombyokan
1. Mencari untulan/pasangan pleci dari ombyokan
Bawalah pleci sobat ke kios-kios burung yang menjual ombyokan pleci, gantang pleci sobat dengan jarak 3-5 meter dari posisi ombyokan. Biarkan beberapa menit hingga pleci sobat puas berkenalan dengan pleci yang di dalam ombyokan.......biasanya pleci saling memberi isyarat dengan nada call nya yang keras dan nyaring. Setelah beberapa menit, cobalah untuk mendekatkan pleci sobat lebih dekat ke kandang ombyokan sampai kandang saling merapat. kemudian perhatikan di kandang ombyokan pleci-pleci yang mendekati pleci sobat. Nah...disaat itulah sobat tinggal memilih salah satu pleci yang bakal di jadikan pasangan pleci sobat. kalo bisa....pilih pleci yang paling menel .....he..he...he..he...

2. Metode Koloni
Dekatkan pleci sobat dengan kelompok koloninya beberapa saat, setelah itu cobalah untuk memisahkan nya, perhatikan pleci yang paling gelisah ketika di pisahkan dengan pleci sobat. Pilihlah pleci tersebut sebagai pasangan kemudian jadikan satu kandang jika terlihat saling ndisik (seperti saling mencari kutu) itu tandanya pleci sobat cocok. Ke esokan harinya cobalah utuk memisahkannya, perhatikan reaksi satu sama lain, jika terlihat lebih gelisah dan saling sahut-sahutan berarti pleci tersebut 99% cocok untuk di pasangkan. 

3. Metode ganjil
Metode ini sebenarnya hanya untuk menguji dan memastikan apakah pleci yang kita pasangkan sudah benar-benar cocok apa belum. caranya adalah dengan menambahkan satu ekor pleci ke dalam kandang yang sudah kita pasangkan. jadi total pleci menjadi 3ekor . biasanya jika pleci yang sudah cocok pasangan nya, akan menyerang pleci yang baru masuk. mungkin di kira itu orang ke tiga sob.....he..he..he....

Komentar