Perawatan burung cucak keling termudah

Cara merawat cucak keling sebenarnya mudah sob, kunci nya adalah mempelajari kesukaan burung yang akan kita rawat. Nah, pada prinsipnya semua burung jenis cucak, sangat-sangat menyukai mandi, begitu juga dengan burung cucak keling sob. Dia bisa mandi begitu menikmati proses mandi hingga berkali-kali.

perawatan burung cucak keling termudah


Selain menyukai mandi, burung cucak keling juga memiliki tingkat adaptasi yang baik dengan porsi makan yang super besar. 

Burung ini bisa makan voer dengan porsi yang lebih besar dari burung jenis lainnya. Misal nya burung kacer makan satu cepuk untuk dua hari, kalau cucak keling satu cepuk bisa satu hari langsung habis.

Okelah langsung saja sob, yuk kita bahas perawatan terbaik untuk burung cucak keling. Pada dasarnya untuk semua jenis burung pola rawatan nya meliputi 4 prinsip yaitu Makanan, mandi dan jemur, kesehatan burung, dan kebersihan kandang. 

Kita bahas satu-persatu ya....

1. Makanan burung cucak keling
Untuk makanan, burung cucak keling ini termasuk burung yang tidak sulit. Sobat bisa menyediakan voer dengan jenis crumble. Sebenarnya sih untuk burung cucak keling apapun yang sobat sediakan, pasti di di lahap abis. Seperti pepaya, pisang, voer halus, voer kasar dan jenis voer lainnya.

Bahkan meskipun baru di tangkap dari alam liar burung ini ketika disodori voer akan langsung lahap dimakan. Jadi sobat tidak perlu khawatir.

2. Pola mandi dan jemur
Mengingat burung ini suka mandi, sebisa mungkin sobat menyediakan keramba mandi yang agak besar. Supaya cucak keling, bisa mandi dengan puas. Di alam liar burung ini mandi saat sore hari, sekitar jam 4. 

sobat bisa memandikan burung ini sekitar jam-jam tersebut. Setelah mandi dengan puas, berikan beberapa ekor jangkir kemudian di gantung di tempat yang nyaman. Setelah itu sobat bisa mengistirahatkan burung.

3. Kesehatan burung
Untuk kesehatan burung, sobat bisa memberikan vitamin tambahan secara berkala seminggu sekali. Untuk burung cucak keling masalah yang paling banyak ditemui adalah permasalahan kutu burung. 

Nah sobat bisa memberikan beberapa helai daun sirih di air mandi nya, untuk mengusir kutu-kutu yang ada di tubuh burung.

4. Kebersihan kandang
Untuk kebersihan, sebisa mungkin sobat membersihkan kandang 2 kali sehari, pagi dan dan sore. Mengingat bahwa burung ini tingkat metabolismenya sangat tinggi. 

Jika dalam satu hari saja sobat tidak membersihkan kandangnya, wah......bisa menumpuk kotorannya sob.


Semoga bermanfaat ya.

14 comments:

  1. Bang mau nanya,kenapa ya burung saya gamau makan?sebelum saya beli dari orangnya saya liat lahap pas sudah saya beli ga mau makan,kira"kenapa ya?dan solusi nya gimana?

    ReplyDelete
  2. 1. kasih super N di air minumnya
    2. coba dikasih jangkrik atau kroto
    3. tempatkan burung di lokasi yang sepi dan lalu lalang orang

    ReplyDelete
  3. Kang ko setiap saya ksh mkn burung cucak keling voer halus voer kasar tetap aja tetap d buang buang byr nafsu mkn burung cucak keling k sayangan saya nafsu mkn apah y

    ReplyDelete
  4. Kang ko setiap saya ksh mkn burung cucak keling voer halus voer kasar tetap aja tetap d buang buang byr nafsu mkn burung cucak keling k sayangan saya nafsu mkn apah y

    ReplyDelete
    Replies
    1. voernya dicampur aja kang sama makanan yang mau cucak keling nya. kalau sudah biasa nanti lahap juga makan nya. untuk nafsu makan biasanya burung dimandikan secara teratur. dansealu jaga kebersihan wadah air dan lantai kandang.

      Delete
  5. Kang sya abs beli ombykn cucak keling.tp ko rada bau anyir ya kndisi burungnya..
    Apa emg cucak keling tipe brung sprti itu agk brbau anyir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya gak om. mungkin itu pedagang burung nya jorok. rajin di mandikan aja om.

      Delete
  6. Om cak keling saya ko.gk mau makan serangga ea di ksih jangkrik sama UH gk di mkan ea apa cara ngajarin spaya mau mkan serangga

    ReplyDelete
  7. Om, burung cak keling sy ko kelabakan mulu y klo ad orang yg dketin, ky takut gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti burung nya masih liar om. cara nya mudah om, sekitar jam 11 jemur burung di terik matahari sampai mangap-mangap. kemudian beri wadah air yang cukup besar. biasanya si cucak keling langsung jebur mandi. burung cucak keling kalo udah seneng mandi biasanya secara otomatis jinak dengan sendirinya.

      Delete
  8. Gan, burung cak keling sy gk mau makan jangkrik dn ulat hk. Gmn ngatasinya ya. Tx

    ReplyDelete
  9. Halo Gan, Ane Mau Nanya Nih,Ane Baru Beli Burung Cucak Keling Kira² Udah Selang 7 Hari Setelah Pembelian,Mulai Awal Beli Burung, Ane Kasih Terapi Lapar (Burung Giras) Tapi Sampai Sekarang Kok Masih Engga Mau Jinak Y?
    Mohon Solusi Terbaiknya Mungkin Ada Yg Salah Dari Penerapan Terapi Ane Gan��

    ReplyDelete
  10. saya baru beli cucak keling
    saya liat burung masih kaya ketakutan dengan suasana baru,,

    cuma masih bingun bwt kasih makanannya
    saya sediain pisang, pur gak makan juga apalagi mandi kga.

    dah saya semprotttt aja moe kewelehan die hehehehehehe

    eh siangan dikit saya coba kasih pepaya
    saya liat dia doyan

    maw tanya
    kasih makan apa n vitamin apa biar bisa cepet ada suaranya yah gan???

    info wa aja 087774332395

    Makasih

    ReplyDelete
  11. In this fashion my colleague Wesley Virgin's biography starts with this SHOCKING and controversial VIDEO.

    You see, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he unveiled hidden, "self mind control" secrets that the CIA and others used to get everything they want.

    THESE are the EXACT same SECRETS many famous people (notably those who "come out of nothing") and elite business people used to become wealthy and successful.

    You probably know that you utilize only 10% of your brain.

    That's because the majority of your brain's power is UNTAPPED.

    Maybe that expression has even occurred INSIDE your very own mind... as it did in my good friend Wesley Virgin's mind seven years ago, while driving an unregistered, trash bucket of a vehicle without a driver's license and $3 on his bank card.

    "I'm so fed up with going through life paycheck to paycheck! When will I finally make it?"

    You've been a part of those those conversations, am I right?

    Your very own success story is going to be written. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.

    CLICK HERE To Find Out How To Become A MILLIONAIRE

    ReplyDelete