5 Manfaat pengembunan untuk burung kacer

Pada postingan kali ini, penulis akan membahas tentang manfaat pengembunan untuk burung kacer. Hal ini terkait dengan banyak nya e-mail yang masuk ke penulis, yang menanyakan tentang seberapa besar manfaat pengembunan untuk burung kacer. Bahkan beberapa penghobi menyatakan bahwa setelah proses pengembunan, kacer kesayangan nya bukan makin gacor, justru malah makin tidak bisa di kontrol. 

pengembunan kacer


Nah....berdasarkan hal tersebut, penulis akan coba mengulas tentang pengembunan pada burung kacer dan seberapa besar manfaat nya....serta apakah ada faktor tertentu yang menyebabkan justru sang kacer malah makin tidak terkontrol.

Berdasarkan pengalaman penulis, kunci nya adalah pengenalan karakter burung. Jika penentunya adalah karakter burung, berarti jelas bahwa tidak semua burung kacer cocok dengan metode pengembunan. 

tergantung karakter kacer itu sendiri, mengapa demikian???????? yuk....coba kita cermati bersama.

Pada dasar nya metode pengembunan adalah suatu metode perawatan yang dikondisikan oleh sang pemilik agar situasi nya semirip mungkin dengan keadaan di alam liar. 

Di alam, burung-burung akan bernyanyi riang pada waktu-waktu subuh. hal ini di adopsi oleh pemilik burung. Dengan mengeluarkan burung di waktu subuh, agar burung merasakan udara embun pagi, dengan begitu diharapkan burung akan merasa seperti di alam bebas. 

Tapi Coba sobat bayangkan jika burung kacer bahan giras yang sobat embunkan. kira-kira apa yang terjadi???.....sudah barang tentu burung kacer yang awal nya mulai beradaptasi dengan lingkungan manusia, naluri liar nya bangkit kembali. bahkan bisa jadi giras nya makin parah. nah....hal inilah yang perlu kita pahami bersama. Bahwa sebenarnya penerapan metode pengembunan, tidak bisa asal kita terapkan.

bahkan ada kondisi tertentu yang harus dipenuhi agar metode pengembunan ini benar-benar berhasil. biasanya burung kacer akan di istirahatkan pada sore hari dan full kerodong saat malam hari dan diletakkan di tempat yang sunyi. baru kemudian pada saat subuh dilakukan metode pengembunan. 

Seperti yang kita tahu bahwa burung kicau akan beristirahat pada sore hari dan tidur pada malam hari, dan pada saat subuh burung mulai berkatifitas. hal inilah yang diadopsi para penghobi burung. 

Jika burung tidak istirahat dan tidak dikerodong lantas subuh dilakukan pengembunan, bukannya burung nya makin bagus malah jadi sakit.....kelelahan.

Disini jelas bahwa utamanya metode pengembunan adalah untuk burung-burung yang terlalu manja dan terlalu jinak dengan manusia. Sehingga melalui pengembunan, si burung merasa naluri liar nya bangkit. Beberapa penghobi profesional ada juga yang menggunakan metode ini untuk menambah mental serta menambah volume suara burung. Bahkan ada juga penghobi yang menerapkan hanya sesekali aja untuk mengusir kejenuhan burung. 

berikut ini penulis coba rangkum beberapa manfaat pengembunan untuk burung kacer

Manfaat pengembunan untuk burung kacer

1. Mengembalikan naluri liar burung
2. Meningkatkan volume suara burung
3. Mengusir kejenuhan burung
4. Mengembalikan performa burung seprti burung hutan
5. Penerapan nya lebih kepada burung-burung khusus untuk dilombakan

Tujuan utama dari pengembunan burung kacer

Pada dasar semua burung yang dikondisikan mirip seperti di alam liar, memang dikhususkan untuk burung yang ingin dilombakan saja. coba deh sobat perhatikan, burung-burung khusus untuk lomba akan dikondisikan dengan kondisi yang semirip mungkin dengan alam liar. Seperti metode pengumbaran, metode pengembunan, metode pemberian untulan, mandi pasir dan lain sebagai nya. 

Jadi jika sobat memelihara burung hanya untuk didengar gacornya, saya rasa perawatan biasa-biasa saja sudah cukup untuk burung sobat.

baca juga : 4 penyebab penghobi kacer pensiun dini

No comments:

Post a Comment