Fakta tentang cucak keling agar tidak tertipu

Burung cucak keling (aplonis panayensis) atau lazim disebut cemperling atau perling kumbang memang burung menawan.4 tahun yang lalu, mungkin burung ini belum seberapa terkenal. Bahkan ketika itu banyak kios yang menolak untuk menerima burung ini. Kalaupun ada mungkin hanya kios-kios baru sebagai pemanis. Itupun harga nya ditawar sangat sadis. 

cucak keling atau perling kumbang

Mata burung cucak keling yang merah seperti darah, dengan bulu yang dominan hitam kelam menambah eksotis penampilan burung ini. Bagi para pecinta kicau tentu ini nilai lebih.

Beberapa waktu yang lalu saya agak terganggu dengan postingan beberapa penjual cucak keling yang menurut pendapat saya terlalu over promosi.

Ada beberapa hal yang menurut saya terlalu di lebih-lebihkan. Bahkan ada yang sengaja ingin menipu pembeli.


Terkait dengan hal tersebut, pada postingan kali ini saya akan coba share fakta sesungguhnya tentang cucak keling.

Mungkin postingan ini akan membantu sobat-sobat pecinta kicau sebagai referensi tambahan, jikalau ingin memelihara cucak keling.

1. Tak ada istilah voer total

Berbeda dengan burung kicau lainnya. Untuk burung cucak keling tak ada istilah voer total.

Artinya apa? Meskipun sobat baru dapat burung cucak keling dari alam liar. Tuh burung ketika disodorkan voer, pasti akan langsung dimakan. 

Saya sendiri agak kurang paham mengapa ini bisa terjadi. Entah itu karena kemampuan adaptasi nya yang tinggi atau karena tertarik dengan warna-warni voer, Saya sendiri pun masih bingung. Cuma yang jelas, voer apapun yang disodorkan pasti langsung dimakan, meskipun baru dapat dari hutan. "Jadi jangan percaya kalau ada penjual yang bilang bahwa burung ini harga nya lumayan. Apalagi yg voer total."


2. Sangat mudah di master

Jika burung lain lebih suka dimaster dengan burung sungguhan, atau ada waktu-waktu khusus untuk memaster. Hal ini tidak berlaku untuk cucak keling. Burung cucak keling sangat mudah di master.

Memori nya sangat cepat mengingat suara-suara burung. Apalagi untuk yang masih muda. Daya ingat nya luar biasa, bahkan burung sekelas serindit dengan lengkingan tajam nya pun. Cuma butuh waktu sebentar untuk menguasai nya bagi cucak keling.


3. Tipe burung koloni

Burung cucak keling adalah burung koloni. Mereka tinggal di pohon-pohon besar dalam jumlah ratusan, bahkan koloni besar nya bisa mencapai ribuan jumlah nya.


4. Mudah ngeriwik tapi sulit ngeplong.

Sama persis seperti karakter burung pleci. (baca tentang burung pleci) Burung cucak keling jantan, sangat mudah ngeriwik. Apalagi jika banyak burung di rumah kita. Langsung ngeriwik biasanya, meskipun baru dapat dari hutan. Justru yang sulit adalah membuat nya ngeplong. Butuh bertahun-tahun untuk membuat nya ngeplong. Itupun perawatannya harus telaten.


5. Perbedaan jantan dan betina

Untuk membedakan burung cucak keling antara jantan dan betina sangatlah mudah. Untuk burung yang sudah dewasa, sobat lihat bagian punggung nya.

Jika punggung nya terlihat hijau kehitaman mengkilat, seperti warna kolibri. Burung tersebut berarti jantan, tetapi bila hanya hitam saja itu berarti betina.

Sedangkan untuk burung muda, sobat lihat ngeriwik atau tidak. Jika burung itu ngeriwik tandanya jantan, tetapi sebaliknya jika tidak ngeriwik atau hanya berbunyi cling cling saja itu berarti betina.


6. Perbedaan burung bahan atau peliharaan lama.

Untuk membedakan burung cucak keling itu burung bahan atau sudah dipelihara lama sangat lah mudah. Sobat perhatikan bagian dadanya, jika dadanya loreng hitam putih itu tandanya burung bahan baru dapat dari hutan.

Jika dadanya hitam kelam, itu tandanya burung tersebut sudah dipelihara dalam waktu yang lama. Di alam liar burung cucak keling jarang terlihat yang dada nya hitam kelam, semuanya bulu dada nya loreng hitam putih.

Saya sendiri kadang bingung, kok bisa seperti itu. 

Saya sempat memperhatikan bahwa dalam koloni besar cucak keling. Ada pemimpinnya, itupun sangat sulit menemukannya. Nah ketika saya perhatikan secara seksama, ternyata yang bulu dadanya hitam hanya pemimpin koloni nya saja. Biasanya ketika koloni besar hendak pulang ke tempat nya, si leader akan memeriksa terlebih dahulu keadaan sekitar, setelah itu si leader akan memanggil seluruh koloni nya. Seketika itu seluruh koloni barulah datang dalam rombongan-rombongan besar.


7. Nafsu makan besar dan doyan mandi

Burung cucak keling ini kebiasaanya mirip sekali seperti jalak kebo. Nafsu makannya besar, jika sobat memberi voer dalam cepuk makanan dalam posisi penuh. Maka dalam sehari voer tersebut akan habis tidak tersisa. Burung ini juga sangat doyan mandi.

Semakin lama dijemur, maka akan semakin sering mandi. Jika sobat ingin melihat burung ini jinak secara cepat. Sobat sediakan saja cepuk mandi khusus didalam sangkarnya. Maka akan semakin senang si do'i dan akan semakin jinak.

8. Membuat burung cucak keling cepat ngeplong.

Untuk membuat burung ini ngeplong, sobat harus genjot EF nya. Terutama jangkrik dan UH. Pada awal nya biasanya burung cucak keling bahan takut untuk makan UH. Tetapi cobalah untuk mengajari nya. Perlahan-lahan secara konsisten burung cucak keling akan lebih cepat ngeplong jika terbiasa di kasih EF jangkrik dan UH.


9. Gaya teler cucak keling

Telernya cucak keling itu berbeda dengan teler nya anis merah. Burung cucak keling ketika ngeriwik biasa nya tengok kanan kiri seperti terlihat teler. Padahal ya memang gaya nya gitu.

Mirip sekali dengan teler nya pleci. Para penjual kadang-kadang suka berlebihan menyamakan teler nya anis merah dengan cucak keling agar dibayar lebih mahal burung nya.

Padahal ini tidaklah benar. Burung anis merah, teler dalam keadaan ngeplong sedangkan cucak keling tidak. Yang paling mirip dengan burung ini adalah pleci. Burung pleci hanya teler ketika sedang fase ngeriwik, sedangkan fase ngeplong burung pleci sama sekali tidak teler.

10. Harga cicak keling/cucak keling/cemperling

Harga burung cucak keling bahan berkisar antara 50 ribu - 70 ribu rupiah. sedangkan untuk cucak keling yang sudah gacor berkisar antara 200 ribu - 350 ribu rupiah. Untuk daerah tertentu harga bisa saja berubah bergantung lokasi masing-masing. 


Yang namanya hobi tentu aktivitas yang bisa membuat diri kita senang. Bisa jadi dalam bentuk memelihara ataupun jual beli. Tapi tidak untuk saling menipu.

baca juga : Jenis-jenis modus tipuan jual beli burung kicau

Melakukan sesuatu yang merugikan orang lain, meskipun itu menguntungkan bagi kita. Saya rasa , itu adalah cara-cara yang tidak bermartabat.

Cara sukses jualan burung di facebook

Semoga bermanfaat ya. Jaya selalu kicau indonesia.
Silahkan berbagi ke sosial media, jika menurut anda postingan ini bermanfaat.

Komentar

  1. Sip gan. Ane lagi miara cucak keling. Makasih pencerahannya

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. sama-sama om. semoga bermanfaat

      Hapus
    2. Gan kalo cara membedakan burung cucak keling anakan jantan dan betina yang baru kita ambil dari sarangnya gimana..

      Karna kalo di tempat saya mayoritas milihnya yang tua,atau yang pertama menetas,,tapi kadang juga meleset..

      Hapus
  3. Wow mantap box, jadi pengen nih!

    BalasHapus
  4. Makasih infonya.tak kirain kalau bulu dadanya hitam putih itu burung betina

    BalasHapus
  5. Cck kling sy gk mau makan jangkrik gimana cara ngajarinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pagi hari tarik makanannya om. ganti dengan jangkrik yang di cepuknya. biasanya disaat lapar jangkrik itu dimakan. untuk berikutnya bisa dicoba dengan jangkrik yang masih hidup. dalam beberapa hari biasanya cucak keling sudah mau makan jangkrik. jangan lupa pada saat sore hari untuk memasukan kembali pakan nya.

      Hapus
  6. Apa betul klau masih muda itu brungnya trotol wlaupun jantan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat masih muda. baik jantan atau betina tetap ada totol/belangnya om. yang membedakan adalah punggung nya. kalau punggung berwarna hitam kelam mengkilat. bisa dipastikan itu jantan.tapi kalau punggung nya hitam pudar.itu betina.

      Hapus
  7. Tidak mau jangkrik om gmn caranya supaya bisa makan jangkrik

    BalasHapus
  8. di kasih terapi lapar om. pagi-pagi cepuk makanan nya di cabut, ganti dengan jangkrik beberapa ekor. sore hari pakan bisa dimasukan kembali. dalam beberapa hari biasanya cucak keling sudah mau makan jangkrik.

    BalasHapus
  9. Gan kalo cara membedakan anakan burung keling yang baru kita ambil dari sarangnya jantan dan betinanya gimana..???
    Karna di tempat saya mayoritas milih yang lebih tua,atau yang lebih dulu menetas,,tapi itu juga kadang meleset..

    BalasHapus
  10. Gan kalo cara membedakan anakan burung keling yang baru kita ambil dari sarangnya jantan dan betinanya gimana..???
    Karna di tempat saya mayoritas milih yang lebih tua,atau yang lebih dulu menetas,,tapi itu juga kadang meleset..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau burung cucak keling yang baru menetas, lumayan sulit gan. untuk menentukan jantan atau betina nya. biasanya kalau kita berpatokan pada katuranggan burung. pilih yang paling agresif dan ramping badan nya.

      Hapus
  11. Matur nuwun inpone mas... aku lg ngopeni c.keling anakan.. isih dekdekan lanang opo wadon, muni opo ora isih penasaran...

    BalasHapus
  12. seorang blogger sejati ,uraian yang jelas dan jujur, tetap semangat bro..

    BalasHapus
  13. Thanks atas informasinya, kbtln ane jg baru 2 minggu miara burung cucak keling

    BalasHapus
  14. Mantap bosku info nya saya juga melihara burung cucak keling salam dari sukabumi

    BalasHapus
  15. Joss om,nie sy baru pertama pelihara cucak Keling ombyokan dapat dadanya hitam separuh,penasaran sama suarane

    BalasHapus
  16. Gan untuk suara mana yg lebih variasi ck yg body besar apa ck yg body kecil makasih gan

    BalasHapus
  17. Masuk jenis cucak atau jalak sih? Emang untuk jenis cucak ada yg berkoloni?

    BalasHapus

Posting Komentar