Penerapan kandang umbaran untuk pleci

Kandang Umbaran adalah kandang berukuran lebih besar daripada kandang rawatan harian yang kita gunakan dengan tujuan agar si burung pleci lebih leluasa bergerak terbang. Kandang umbaran untuk pleci dapat berbentuk persegi panjang, kotak besar tinggi atau malah bulat besar, poin terpenting adalah kandang tersebut memiliki jeruji dengan jarak rapat yang kecil agar pleci tidak lepas.

Lazimnya para pleman memodifikasi sendiri kandang umbaran tersebut. ada yang memodifikasi dari 2 kandang kayu yang disatukan, ada pula yang memodifikasi dari kawat ram yang dibuat melingkar panjang bahkan ada yang khusus membuat dari bahan alumunium.

Apa guna Umbaran untuk pleci dan bagaimana aplikasi umbaran tersebut dalam rawatan hariannya, berapa lama mengumbar dan faktor apa yang kita perhatikan dalam mengumbar pleci?

Siapkan kopi, kita bahas lebih dalam.hehehe. 

Penerapan kandang umbaran untuk pleci
kandang umbaran tipe sliding


kandang umbaran pleci dari ram
kandang umbaran pleci dari kawat ram
kandang umbaran pleci kayu
kandang umbaran pleci dari kayu

Fungsi dan Penerapan Kandang umbaran untuk pleci
Fungsi kandang Umbaran 
1. Sebagai olahraga untuk pleci 
seperti yang kita tahu bahwa sebagus apapun suara pleci jika tidak di tunjang dengan stamina yang baik maka performa pleci akan gembos di tengah lomba. terkait dengan hal tersebut maka untuk meningkatkan dan menjaga stamina suara si pleci kita harus melatih pleci di dalam kandang umbaran.
baca tentang rahasia menampilkan pleci menjadi juara

2. Sebagai terapi 
Kita tahu bahwa volume pleci saat masih bahan sangat lah kecil bahkan saat sudah mencapai fase buka paruh pun terkadang volume pleci masih terasa kurang besar. padahal faktanya jelas bahwa di atas gantangan untuk bisa menjadi juara, penampilan pleci harus terlihat dominan dibanding lawan-lawannya, dan salah satunya adalah volume yang besar.

Ketika kita memiliki pleci yang suaranya besar, jelas dan nyaring sudah pasti akan menyita perhatian para juri. nah......poin inilah yang harus kita garis bawahi.

sehingga secara otomatis yang kita membutuhkan porsi terapi yang bisa meningkatkan volume suara pleci dan yupsss.....hal tersebut solusinya adalah kandang umbaran.

baca juga cara mendongkrak performa pleci

Penerapan kandang umbaran untuk pleci
A. untuk Fungsi Olahraga dalam usaha mempertahankan stamina, tidak perlu porsi yang lama, cukup dari pagi hingga siang hari sambil di jemur dengan tetap di berikan porsi makan dan minum yang sesuai kebiasaan.

1 hari dalam seminggu sudah cukup untuk fungsi ini,dan untuk fungsi yang ini kita pisahkan si jagoan dengan betinanya, kita biarkan dia berbunyi dalam kandang umbarannya dari pagi sampai sore sambil terbang leluasa. ini akan menjaga stamina si jagoan selalu siap tempur.    

B. Untuk Fungsi Terapi mulai melatih stamina terutama pasca nyulam total, maka umbaran digunakan nyaris setiap hari, dengan kata lain, umbaran adalah kandang hariannya. dalam fungsi ini, satukan si jagoan dengan betinannya, biarkan mereka bersama-sama dalam kandang umbarannya, dan pisahkan si jantan dalam kandang kecil (kandang lomba) hanya kalau kita mau melihat kemajuan bunyinya. rawatannya sama saja, jemur dan porsi EF samakan dengan hariannya. 

C. Hal lain yang paling penting adalah penempatan posisi tangkringan dalam umbaran, yang paling penting adalah jangan sampai terlalu banyak tangkringan dalam kandang umbaran dan jangan juga hanya menempatkan satu tangkringan dalam umbarannya, yang paling baik adalah 2 tangkringan dengan model tangga untuk kandang umbaran berbentuk persegipanjang, atau dua tangkringan menyilang untuk model umbaran bulat besar.

demikian ulasan singkat mengenai kandang umbaran untuk pleci.

Komentar